14 October 2022
2 menit baca

Kartu Debit VS Kartu Kredit, Bagaimana Cara Bijak Menggunakannya?

2 menit baca

Dalam bertransaksi di era modern saat ini, sepertinya banyak cara transaksi yang bisa Anda pilih. Beberapa yang populer di antaranya tentu bertransaksi menggunakan kartu debit dan kartu kredit. Namun, sebagian masyarakat belum memahami betul perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit, termasuk “kapan” saat yang tepat menggunakan kedua kartu tersebut

 

Kartu Debit

Ibarat membawa tabunganmu dalam satu kartu, kartu debit mempermudah kamu bertransaksi atau menarik uang melalui ATM. Transaksi menggunakan kartu debit sama saja membayar lunas barang yang kamu beli, sehingga tidak ada guilty feeling sesudah kamu memiliki barang yang dibeli karena kamu tidak perlu memikirkan hutang setelahnya. Meski begitu, saat ini minim sekali bank yang menawarkan promo untuk transaksi dengan pembayaran kartu debit.

 

Kartu Kredit

Berbeda dengan kartu Debit, dimana semua orang bisa membuka rekening hanya dengan menyetor jumlah minimum akun sesuai kebijakan bank. Pembuatan kartu kredit memerlukan tahap pengajuan dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi. Namun hal tersebut tak mengurangi minat masyarakat untuk memiliki kartu kredit.

 

Bagaimana tidak? Gencarnya berbagai penawaran seperti cicilan 0% dan cicilan 12-24 untuk pembelian gadget semakin membuat masyarakat tergiur memanfaatkan kartu kredit. Banyak masyarakat yang hobi travelling ke luar negeri juga lebih memilih kartu kredit untuk pembayaran kebutuhan mereka di luar negeri.

 

Lalu mana yang lebih baik digunakan?

Kedua jenis kartu diatas sama-sama memiliki satu tujuan, yakni mempermudah transaksi pembayaran. Namun kemudahan tersebut akan menjadi bumerang jika tidak digunakan secara bijak.

  • Baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit pastikan menggunakan keduanya sesuai budget, pastikan kamu dapat membayar lunas tagihan berjalan agar tidak terkena bunga
  • Batasi penggunaan kartu kredit sesuai budget yang dialokasikan
  • Jika barang yang diinginkan tidak menerapkan bunga 0% pikir kembali sebelum membeli
  • Sebelum membeli, pastikan Anda dapat membayar lunas tagihan setiap bulannya
  • Jika tidak bisa, maka sebaiknya Anda mengukur waktu untuk membeli barang yang diinginkan sambil menabung

 

120 Reads
Author: Bizhare Editor
22 Suka