20 September 2023
3 menit baca

Inilah Cara Mendapatkan Pendanaan dari Modal Ventura, Catat Ya!

3 menit baca

cara mendapatkan pendanaan modal ventura

 

Modal ventura memegang peran penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis rintisan. Sebagai bentuk pembiayaan bisnis, modal ventura memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengembangkan diri dan mencapai potensi pertumbuhan yang tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara mendapatkan pendanaan modal ventura.

 

Apa itu Modal Ventura?

 

Modal ventura adalah bentuk pembiayaan yang melibatkan investor eksternal yang menyediakan dana kepada perusahaan yang membutuhkan modal untuk berkembang. 

 

Investor-investor tersebut biasanya berpartisipasi dalam manajemen perusahaan dan berbagi risiko serta keuntungan dengan pemilik perusahaan. Modal ini sering digunakan oleh perusahaan yang berada dalam tahap awal atau perusahaan yang ingin melakukan ekspansi.

 

Biasanya, modal ventura diberikan kepada bisnis yang masih dalam tahap awal atau start-up dengan tujuan untuk membantu pengembangan bisnis, ekspansi, atau inovasi produk.

 

Baca Juga: Apa itu Modal Ventura? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Perusahaannya

 

Tips dan Cara Mendapatkan Pendanaan dari Modal Ventura

 

Untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan modal ventura dan berhasil mendapatkan modal usaha, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Berikut ulasannya!

 

  • Ajukan Proposal Secara Langsung ke Perusahaan Modal Ventura

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajukan proposal bisnis secara langsung ke perusahaan modal ventura. Anda perlu menyusun proposal bisnis yang komprehensif dan meyakinkan. 

 

Jelaskan dengan jelas tentang visi dan misi bisnis Anda, potensi pertumbuhan yang dimiliki, strategi pemasaran, analisis pasar, dan proyeksi keuangan. Pastikan untuk menyoroti keunggulan bisnis Anda dan mengapa perusahaan modal ventura harus berinvestasi di dalamnya.

 

  • Sering Ikut Pameran UMKM dan Startup

Salah satu cara untuk menarik perhatian perusahaan modal ventura adalah dengan aktif mengikuti pameran UMKM dan start-up. Pameran ini menjadi ajang bagi Anda untuk memamerkan produk atau jasa bisnis Anda kepada khalayak yang lebih luas. 

 

Selain itu, seringkali para investor dari perusahaan modal ventura turut menghadiri acara-acara semacam ini untuk mencari peluang investasi. Dengan aktif berpartisipasi dalam pameran, peluang Anda untuk ditemukan oleh investor potensial akan semakin besar.

 

  • Lakukan Due Diligence

Sebelum perusahaan modal ventura setuju untuk berinvestasi, mereka akan melakukan proses due diligence terlebih dahulu. Due diligence sendiri adalah proses pemeriksaan mendalam terhadap berbagai aspek bisnis Anda, termasuk legalitas, keuangan, manajemen, dan potensi risiko. 

 

Pastikan bahwa bisnis Anda transparan dan memiliki catatan keuangan yang akurat. Semakin baik hasil due diligence yang Anda tunjukkan, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan pendanaan dari modal ventura.

 

  • Penandatanganan Kerjasama dan Investasi

Jika perusahaan modal ventura tertarik dengan proposal dan bisnis Anda setelah melewati tahap due diligence, langkah selanjutnya adalah penandatanganan perjanjian kerjasama dan investasi. 

 

Pastikan Anda memahami semua isi perjanjian dengan baik dan jika perlu, mintalah bantuan dari ahli hukum untuk memastikan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

 

Baca Juga: Perlu Modal Usaha? Simak 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Berikut ini!

 

Daftar Perusahaan Modal Ventura

 

Berikut adalah daftar beberapa perusahaan modal ventura terkemuka di Indonesia yang telah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beroperasi dengan legalitas yang terjamin:

 

  • Bahana Artha Ventura (BAV)

Perusahaan modal ventura ini merupakan perusahaan plat merah yang tidak hanya rutin menyuntikkan modal pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tetapi juga memberikan permodalan pada perusahaan rintisan dengan potensi pertumbuhan yang tinggi.

 

  • Mandiri Capital Indonesia (MCI)

Sebagai bagian dari Bank Mandiri, perusahaan ini aktif dalam berburu start-up di bidang teknologi finansial. Beberapa perusahaan yang telah mendapatkan suntikan dana dari MCI adalah Yokke, Cashlez, dan DAM yang bergerak di bidang pembayaran.

 

  • Plug and Play

Meskipun berbasis di Silicon Valley, perusahaan ini juga telah menyuntikkan dana kepada beberapa perusahaan rintisan di Indonesia. Beberapa perusahaan yang menjadi peserta program inkubatornya adalah Astronaut, Brankas, Bustiket, DANAdidik, Karta, KYCK, Otospector, Sayurbox, dan Wonderworx.

 

  • Alibaba

Perusahaan raksasa asal Tiongkok ini dikenal sebagai investor yang siap mencaplok perusahaan rintisan yang memiliki potensi besar. Salah satu perusahaan Indonesia yang mendapatkan dana besar dari Alibaba adalah Tokopedia, dengan jumlah investasi mencapai US$ 1,1 miliar.

 

  • Tencent

Tencent tidak hanya berfokus pada investasi di perusahaan rintisan yang sudah mapan, tetapi juga aktif dalam mencari startup yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Perusahaan modal ventura ini dikenal setelah melakukan investasi besar-besaran senilai US$ 1,2 miliar di GO-JEK.

 

  • Kejora Mountain

Kejora merupakan perusahaan modal ventura berbasis di Jakarta yang memiliki program akselerasi bisnis dan inkubator bagi calon pengusaha rintisan. Beberapa perusahaan rintisan yang telah berhasil dikembangkan oleh Kejora adalah CekAja.com, Qareer.com, Job.id, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: 20 Ide Peluang Usaha di Desa dengan Profit Maksimal

 

Mendapatkan pendanaan dari modal ventura adalah langkah penting bagi perusahaan rintisan yang ingin mengembangkan bisnisnya. 

 

Dalam mengajukan proposal, pastikan Anda menyusun rencana bisnis yang matang dan komprehensif, serta menjalani tahap due diligence dengan kesiapan mental dan keterbukaan yang tinggi. 

 

Tak hanya itu, pilihlah perusahaan modal ventura yang terpercaya dan berizin resmi untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan bisnis Anda.

765 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
127 Suka