17 July 2023
3 menit baca

Panduan Right Issue di Bizhare

3 menit baca

panduan right issue bizhare

 

Right issue merupakan mekanisme yang sering digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan saham baru kepada pemegang saham yang sudah ada. Di Bizhare sendiri, right issue dikenal dengan nama “penawaran terbatas”. Berikut ulasan selengkapnya!

 

Apa itu Right Issue?

 

Right issue adalah mekanisme di mana perusahaan yang sudah melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penerbitan saham perdana, memiliki opsi untuk menerbitkan saham baru kepada pemegang saham yang sudah ada. 

 

Right issue biasa juga disebut sebagai Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Aksi korporasi ini biasanya dilakukan perusahaan untuk menambah modal, yang dapat digunakan untuk berbagai alasan seperti ekspansi bisnis hingga membayar utang. 

 

Di Bizhare sendiri, right issue dilakukan pada berbagai perusahaan yang membutuhkan modal tambahan. Bizhare menggunakan istilah “penawaran terbatas” karena penawaran tersebut akan ditawarkan secara terbatas untuk pemegang saham existing dan juga investor umum.

 

Baca Juga: Mengenal Right Issue: Pengertian, Contoh, dan Cara Kerjanya

 

Apa Tujuan Bisnis Melakukan Penawaran Terbatas?

 

Ada banyak faktor yang membuat penawaran terbatas menjadi begitu penting untuk dilakukan. Berikut beberapa di antaranya!

 

  • Memperpanjang masa kerjasama (franchise fee)

Dalam bisnis waralaba, perusahaan mungkin membutuhkan modal tambahan untuk memperpanjang masa kerjasama dengan mitra bisnisnya. Penawaran terbatas dapat digunakan untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk memperpanjang masa kerjasama dan memperkuat hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

 

  • Sewa tempat

Bisnis yang berkembang mungkin membutuhkan ruang tambahan untuk ekspansi atau perlu memperbarui sewa tempat yang ada. Penawaran terbatas dapat memberikan modal yang dibutuhkan untuk membayar biaya sewa dan mengamankan lokasi yang strategis bagi bisnis.

 

  • Renovasi

Perusahaan mungkin perlu melakukan renovasi pada tempat usaha mereka agar tetap menarik bagi pelanggan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan. Penawaran terbatas dapat membantu dalam mengumpulkan dana yang diperlukan untuk melakukan perbaikan, perombakan, atau peningkatan fasilitas.

 

  • Pengembangan produk atau layanan baru

Bisnis yang ingin meluncurkan produk atau layanan baru mungkin membutuhkan modal tambahan untuk riset dan pengembangan, produksi, pemasaran, dan distribusi. Penawaran terbatas dapat memberikan dana yang diperlukan untuk memperluas lini produk atau layanan perusahaan dan meningkatkan daya saing di pasar.

 

  • Membayar utang

Penawaran terbatas juga dapat digunakan untuk membayar utang perusahaan atau mengurangi beban hutang yang ada. Dengan mengumpulkan dana melalui penawaran terbatas, perusahaan dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mengurangi risiko yang terkait dengan beban hutang yang berlebihan.

 

Apa Saja Jenis Penawaran Terbatas di Bizhare?

 

Secara garis besar, penawaran terbatas atau right issue di Bizhare terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai berikut.

 

  • Penawaran Tertutup

Penawaran tertutup adalah penawaran saham yang dikeluarkan oleh bisnis yang telah berjalan untuk menambah pembiayaan. Penawaran Tertutup akan ditawarkan terlebih dahulu kepada para pemegang saham bisnis. 

 

Para pemegang saham bisa mengklaim saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki untuk mempertahankan persentase kepemilikan saham agar tidak berkurang atau terdilusi. Nantinya, penawaran tertutup akan ditawarkan terlebih dahulu kepada para pemegang saham bisnis.

 

  • Penawaran Terbuka

Penawaran terbuka adalah penawaran saham yang dikeluarkan oleh bisnis yang telah berjalan untuk menambah pembiayaan. Penawaran terbuka akan dimulai jika masih tersedia saham yang tidak diklaim oleh para pemegang saham bisnis selama penawaran tertutup berlangsung. Semua user Bizhare yang telah melengkapi profil dan terverifikasi dapat berinvestasi pada penawaran terbuka.

 

Baca Juga: Bizhare Loyalty Program: Kumpulkan Poinnya, Raih Benefitnya!

 

Cara Klaim Saham pada Penawaran Terbatas Bizhare

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengklaim saham pada penawaran terbatas, Anda bisa melakukannya baik pada penawaran tertutup maupun penawaran terbuka. Sebagai catatan, user Bizhare akan dikenakan biaya layanan sebesar 5% per transaksi penawaran terbatas.

 

Berikut cara mengklaim saham pada penawaran tertutup:

 

  1. Sign up dan login aplikasi Bizhare atau via situs www.bizhare.id
  2. Klik menu “Portofolio”, cek detail bisnis yang sedang melakukan penawaran tertutup.
  3. Klik “Detail Bisnis”, pelajari detail bisnisnya dan cek jumlah lembar saham yang dapat diklaim.
  4. Cek simulasi investasi persentase tanpa klaim dan setelah klaim.
  5. Klik “Klaim” saham Anda.
  6. Isi jumlah lembar saham yang hendak diklaim.
  7. Lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang tersedia.
  8. Selesai! Anda telah berhasil mengklaim saham Anda.

 

Berikut cara melakukan pembelian saham pada penawaran terbuka:

 

  1. Sign up dan login aplikasi Bizhare atau via situs www.bizhare.id
  2. Klik menu “Penawaran Terbuka”.
  3. Unduh prospektus dan analisis bisnis sebelum membeli.
  4. Klik “Beli Saham” jika saham telah tersedia.
  5. Isi jumlah lembar saham yang hendak dibeli.
  6. Lakukan pembayaran melalui mobile banking atau transfer manual.
  7. Selesai! Saham resmi menjadi milik Anda.

 

Demikian panduan lengkap seputar penawaran terbatas yang berjalan di Bizhare. Dengan adanya right issue, pasar modal menjadi lebih dinamis dan memberikan fleksibilitas bagi perusahaan dan investor dalam mengoptimalkan investasi mereka.

 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai right issue atau penawaran terbatas yang berlangsung di Bizhare, silakan tekan tombol FAQ Penawaran Terbatas Bizhare di bawah ini.

 

FAQ Penawaran Terbatas Bizhare

 

1055 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
172 Suka