31 January 2024
5 menit baca

10 Tempat Wisata Terbaik di Dieng, Wajib Dikunjungi!

5 menit baca

tempat wisata terbaik dieng

 

Indonesia terkenal berkat keindahan alamnya yang paripurna. Salah satunya yang semakin populer adalah kawasan wisata Dieng. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai destinasi alam dan historis yang tak ternilai. Penasaran apa saja? Berikut deretan tempat wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi di Dieng.

 

  • Bukit Sikunir

 

Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah berhasil meraih popularitas sebagai destinasi wisata unggulan di Dieng. 

 

Posisinya yang setinggi 2.300 meter di atas permukaan laut memungkinkan pengunjung menikmati keindahan matahari terbit, atau yang sering disebut sebagai “golden sunrise“.

 

Terkenal dengan kecantikan cahaya matahari terbitnya yang memancarkan warna kuning keemasan, Bukit Sikunir menjadi destinasi pilihan bagi pecinta fotografi dan pencinta alam.

 

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Sikunir tidak hanya disuguhkan dengan golden sunrise yang memukau, tetapi juga dapat menikmati pemandangan indah delapan gunung sekaligus dari puncak bukit ini. 

 

Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi terlihat megah di kejauhan. Pendakian ke puncak Bukit Sikunir ternyata sangat ramah bagi pemula, hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit, menjadikannya tempat yang sangat diakses oleh berbagai kalangan pengunjung.

 

Baca Juga: Mengenal Bobocabin, Penginapan Kabin yang Menyatu dengan Alam

 

  • Candi Arjuna

 

Candi Arjuna menjadi salah satu ikon wisata Dieng yang kaya sejarah. Kompleks candi ini mencakup lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Dengan luas mencapai satu hektare, kompleks ini adalah kompleks candi terluas di dataran tinggi Dieng. 

 

Keberadaan candi-candi ini menyiratkan sejarah dan kekayaan budaya yang masih terasa kuat hingga saat ini. Di samping itu, pemandangan indah perbukitan di sekitarnya dan hamparan cemara yang rapi menjadikan kompleks Candi Arjuna sebagai tempat yang menenangkan.

 

Kompleks candi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan, musala, kamar mandi, tempat istirahat, dan warung kuliner. Hal ini memudahkan pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati keindahan sejarah dan alam sekitar.

 

  • Kawah Sikidang

 

Kawah Sikidang, salah satu tempat wisata unggulan di Dieng, menawarkan pengalaman unik melihat kawah gunung berapi dari jarak yang aman. Meskipun berupa kawah gunung berapi, Kawah Sikidang dianggap aman sebagai obyek wisata. Pengunjung dapat menyaksikan kawah yang berwarna kehijauan dan mengeluarkan asap putih, menciptakan pemandangan yang menarik.

 

Saat memasuki area Kawah Sikidang, pengunjung akan disambut dengan jembatan kayu yang memungkinkan mereka mengelilingi tempat wisata ini. Jembatan kayu tersebut tidak hanya memberikan akses yang mudah, tetapi juga menciptakan pemandangan yang Instagramable. Dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl, Kawah Sikidang menjadi destinasi yang menarik bagi penggemar alam dan fenomena alam.

 

Baca Juga: Nikmati Lifestyle Berkelas dengan Voucher Spesial Bizhare

 

  • Gunung Prau

 

Gunung Prau, dengan ketinggian sekitar 2.590 meter di atas permukaan laut, menjadi destinasi pendakian populer di kawasan Dieng. Estimasi waktu pendakian yang relatif singkat yakni 3-4 jam membuat gunung ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang ingin merasakan pengalaman mendaki gunung. 

 

Dari puncak Gunung Prau, pengunjung dapat menikmati panorama yang memukau, melihat lima gunung sekaligus termasuk Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

 

Gunung Prau juga dikenal dengan padang savana luas di puncaknya, menambah pesona tersendiri bagi para pendaki. Keindahan alam yang ditawarkan Gunung Prau membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit di kawasan Dieng.

 

  • Telaga Cebong

 

Telaga Cebong, terbentuk dari bekas kawah purba, menjadi destinasi unik lainnya di kawasan Dieng. Dahulu memiliki luas mencapai 18 hektar, telaga ini kemudian menyusut menjadi 12 hektar. Terletak di bawah barat Bukit Sikunir, Telaga Cebong dinamai demikian karena bentuknya menyerupai cebong atau berudu.

 

Pada pagi hari, air Telaga Cebong seringkali tampak berkilau, menciptakan pemandangan yang memesona dan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Selain menjadi destinasi wisata, telaga ini juga berperan sebagai sumber pengairan untuk ladang petani di sekitarnya.

 

Baca Juga: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

  • Telaga Warna

 

Telaga Warna adalah destinasi tempat wisata Dieng yang tak kalah terkenal. Nama “Warna” diambil dari perubahan warna air danau yang terjadi akibat pantulan sinar matahari. Terletak pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, Telaga Warna dikelilingi oleh keindahan alam, termasuk Gunung Prau.

 

Fenomena Telaga Warna menjadi semakin menakjubkan saat pagi atau siang hari, ketika warna air danau berubah-ubah. Kandungan belerang yang tinggi di dalam air danau menjadi penyebab perubahan warna ini. Pengunjung dapat menyaksikan keajaiban ini dan menikmati keindahan alam Dieng dari lokasi yang unik ini.

 

  • Telaga Pengilon

 

Telaga Pengilon yang berlokasi di sebelah dengan Telaga Warna menawarkan pengalaman yang tak kalah menarik. Dinamai demikian karena airnya yang jernih memungkinkan pengunjung melihat bayangan diri mereka sendiri. Terpisah oleh daratan kecil yang kadang terlihat hanya pada musim kemarau, kedua telaga ini menjadi satu saat musim hujan, menciptakan panorama yang menawan.

 

Tempat ini tidak hanya memikat pengunjung dengan kejernihan airnya, tetapi juga dengan legenda lokal yang melekat di sekitarnya. Konon, siapapun yang melihat dirinya cantik atau tampan dari permukaan Telaga Pengilon, berarti orang tersebut berhati baik.

 

  • Batu Pandang Ratapan Angin

 

Batu Pandang Ratapan Angin memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Dengan posisinya yang mencapai ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat menyaksikan dengan jelas kedua telaga tersebut dan perbukitan di sekitarnya.

 

Dari Batu Pandang Ratapan Angin, pengunjung dapat mengagumi kontras warna air Telaga Warna yang cenderung hijau dengan Telaga Pengilon yang terlihat lebih jernih. Keunikan panoramanya membuat pengalaman berkunjung menjadi lebih istimewa.

 

  • Telaga Merdada

 

Telaga Merdada, selain sebagai destinasi wisata, juga memiliki peran penting sebagai sumber pengairan untuk area persawahan di sekitarnya. Terletak di dataran tinggi Dieng, telaga ini menarik perhatian wisatawan dengan fakta bahwa meskipun tidak memiliki sumber air sendiri, hanya menampung air hujan, namun memiliki luas yang mencakup seluruh dataran tinggi Dieng.

 

Bukan hanya keindahan danau yang memikat, tetapi pengunjung juga dapat menaiki perahu untuk menjelajahi telaga sambil menikmati pemandangan sekitar yang memukau, termasuk Bukit Pangonan dan Bukit Semurup yang melingkupinya.

 

  • Telaga Dringo

 

Telaga Dringo yang sering disebut sebagai “Ranu Kumbolo di Jawa Tengah”, menyajikan keindahan alam yang masih alami. Terletak di dataran tinggi Dieng, telaga ini menawarkan panorama menawan dengan hutan lebat yang terjaga keasliannya.

 

Perjalanan menuju lokasi danau juga memungkinkan pengunjung menikmati pesona sepanjang jalur, seperti kebun teh, hutan lindung, bukit-bukit, dan lembah yang memikat hati. Dengan ketinggian mencapai 2.202 mdpl, Telaga Dringo menjadi destinasi yang menarik bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Bobo di Bobocabin Milik Sendiri? Bisa, Yuk Investasi Saham Bobocabin Dieng di Bizhare Sekarang!

 

Pernahkah Anda membayangkan bisa menginap di kabin high-tech milik sendiri di tengah hutan? Yap, milik sendiri! Semuanya bisa diwujudkan melalui Bizhare. Bagaimana caranya?  

 

Saat ini, Bobocabin membuka penawaran saham melalui platform securities crowdfunding Bizhare untuk pembukaan cabang terbarunya di Dieng, Wonosobo. Menariknya, Anda bisa membeli saham bisnis tersebut dengan harga yang sangat terjangkau, yakni minimal Rp10 juta saja.

 

Idealnya, jika tertarik untuk berbisnis outlet atau franchise sendiri, seorang investor harus mengeluarkan dana pribadi hingga ratusan juta Rupiah. Tentu saja, tidak semua orang memiliki dana sebesar ini.

 

Bayangkan, hanya dengan nominal Rp10 juta, Anda sudah bisa memiliki satu cabang Bobocabin di kawasan wisata Dieng. Apalagi, Dieng menjadi salah satu destinasi alam dan budaya yang dikunjungi puluhan ribu wisatawan tiap bulan.

 

Jadi tunggu apalagi, Teman Bizharian, segera #AmankanSahamBisnisMu dan dapatkan keuntungan maksimal dengan berbisnis Bobocabin! 

 

Pelajari proposal bisnis dan investasi di button berikut.

 

Investasi Sekarang

287 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
67 Suka