26 February 2024
4 menit baca

Training and Development: Pengertian, Manfaat, Contohnya

4 menit baca

Training and Development

 

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu elemen kunci untuk mencapai keberhasilan sebuah perusahaan. Dalam era bisnis yang terus berkembang, pelatihan dan pengembangan (training and development) menjadi fondasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang inovatif, produktif, dan adaptif. 

 

Apa itu Training and Development?

 

Pelatihan dan pengembangan (training and development) adalah proses sistematis yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku karyawan dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja individu, kelompok, dan organisasi secara keseluruhan. 

 

Pelatihan biasanya berfokus pada peningkatan keterampilan teknis dan pengetahuan karyawan, sementara pengembangan lebih menekankan pada pertumbuhan pribadi dan profesional untuk mencapai tujuan jangka panjang.

 

Training and development dapat mencakup berbagai metode, seperti seminar, lokakarya, pelatihan online, mentorship, dan program pengembangan karier. Dengan memberikan peluang ini kepada karyawan, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, motivasi, dan retensi karyawan, serta mengikuti perkembangan industri dan teknologi yang terus berubah.

 

Baca Juga: Mengapa Dana Perusahaan Perlu Diinvestasikan?

 

Manfaat Training and Development

 

Training and development membawa sejumlah manfaat bagi individu dan organisasi. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya.

 

  • Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan pengetahuan mereka yang relevan dengan pekerjaan.

 

  • Peningkatan Produktivitas

Karyawan yang terlatih dengan baik cenderung lebih produktif karena memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas mereka secara efisien.

 

  • Meningkatkan Motivasi Karyawan

Memberikan peluang bagi karyawan untuk mengembangkan diri mereka dapat meningkatkan motivasi dan rasa kepemilikan terhadap pekerjaan mereka.

 

  • Pengembangan Karier

Menyediakan jalan untuk pengembangan karir karyawan dengan memberikan pelatihan yang mendalam dan peluang untuk pertumbuhan profesional.

 

  • Peningkatan Kualitas Layanan dan Produk

Dengan meningkatkan keterampilan karyawan, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan yang mereka tawarkan.

 

  • Peningkatan Retensi Karyawan

Program pelatihan yang efektif dapat meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan, karena karyawan merasa dihargai dan memiliki peluang untuk berkembang.

 

  • Adaptasi terhadap Perubahan

Melalui pelatihan, karyawan dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dalam industri atau teknologi, membantu organisasi tetap kompetitif.

 

  • Peningkatan Hubungan Tim

Pelatihan dapat memperkuat keterampilan interpersonal dan komunikasi, yang mendukung pembentukan tim yang kuat dan kolaboratif.

 

  • Keamanan dan Kesehatan Kerja

Melibatkan pelatihan terkait keamanan dan kesehatan kerja dapat mengurangi risiko cedera atau insiden di tempat kerja.

 

  • Peningkatan Reputasi Perusahaan

Investasi dalam pelatihan dan pengembangan menciptakan citra positif bagi perusahaan, baik di kalangan karyawan maupun di mata masyarakat.

 

Baca Juga: Strategi Diversifikasi Portofolio Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

Contoh Training and Development

 

Berikut adalah beberapa contoh program training and development yang umum dilakukan di berbagai organisasi.

 

  • Pelatihan Teknis

Program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan teknis karyawan, seperti pelatihan penggunaan perangkat lunak khusus, teknik pengerjaan proyek, atau penggunaan peralatan industri.

 

  • Pelatihan Kepemimpinan

Program yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan manajemen bagi karyawan yang memiliki potensi menjadi pemimpin di masa depan.

 

  • Pelatihan Komunikasi

Kursus atau lokakarya yang bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif di dalam tim atau dengan pelanggan.

 

  • Pelatihan Penyelesaian Masalah

Program untuk mengajarkan karyawan cara mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang sistematis.

 

  • Pelatihan Keamanan dan Kesehatan Kerja

Pelatihan untuk memastikan bahwa karyawan memahami dan mengikuti prosedur keamanan di tempat kerja, serta mengelola risiko potensial yang mungkin timbul.

 

  • Pelatihan Diversitas dan Inklusivitas

Program yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran karyawan terhadap diversitas, inklusivitas, dan budaya perusahaan.

 

  • Pelatihan Pengembangan Soft Skills

Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal, kepemimpinan, penyelesaian konflik, dan manajemen waktu.

 

  • Pelatihan Pengembangan Karier

Program yang membantu karyawan merencanakan dan mengelola karir mereka, termasuk identifikasi tujuan karir, peningkatan keterampilan yang dibutuhkan, dan langkah-langkah menuju pertumbuhan profesional.

 

  • Pelatihan Teknologi Informasi

Kursus atau pelatihan online untuk meningkatkan pemahaman karyawan tentang teknologi informasi terkini dan aplikasinya dalam pekerjaan mereka.

 

  • Program Mentoring

Skema mentoring di mana karyawan yang lebih berpengalaman memberikan bimbingan kepada rekan-rekan yang kurang berpengalaman untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

 

  • Pelatihan Inovasi dan Kreativitas

Program untuk merangsang inovasi dan kreativitas, membantu karyawan memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir di luar kotak.

 

  • Pelatihan Penjualan dan Layanan Pelanggan

Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan penjualan, pelayanan pelanggan, dan hubungan dengan pelanggan.

 

Baca Juga: Mengenal Inovasi Produk dan Cara Merencanakannya

 

Dengan merancang program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan karyawan, perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam hal produktivitas, kepuasan karyawan, dan daya saing di pasar.

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Kesimpulannya, board of directors memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan arah strategis perusahaan, mengawasi kinerja manajemen, menjaga kepentingan pemegang saham, memastikan kepatuhan hukum dan etika, serta memberikan dukungan dan pengarahan kepada manajemen. 

 

Dengan menjalankan peran mereka dengan baik, board of directors dapat membantu menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan pemegang sahamnya.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

239 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
26 Suka