01 March 2024
4 menit baca

Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Jenis, & Contohnya

4 menit baca

struktur organisasi perusahaan

 

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, struktur organisasi perusahaan menjadi fondasi utama untuk mencapai kesuksesan. Sebuah organisasi yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan efisiensi, memfasilitasi komunikasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Artikel ini akan membahas pentingnya struktur organisasi perusahaan, jenis, dan contohnya.

 

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

 

Struktur organisasi perusahaan adalah kerangka atau tata cara bagaimana suatu perusahaan atau organisasi mengorganisir dan mendistribusikan tanggung jawab, tugas, serta wewenang di antara anggotanya. 

 

Tujuan dari struktur organisasi perusahaan adalah menciptakan keteraturan dan kejelasan dalam menjalankan operasional bisnisnya. Struktur organisasi tidak hanya memetakan hierarki, tetapi juga mencakup cara komunikasi, alur kerja, dan interaksi antarbagian. Dengan memahami struktur organisasi, setiap anggota tim dapat lebih efektif menjalankan peran dan tanggung jawabnya.

 

Baca Juga: Laporan Keuangan Perusahaan: Manfaat, Jenis, dan Unsurnya

 

Jenis-jenis Struktur Organisasi

 

Struktur organisasi perusahaan dapat diatur dalam berbagai cara untuk mencapai efisiensi, koordinasi, dan pencapaian tujuan bisnis. Berikut adalah beberapa jenis struktur organisasi yang umum digunakan:

 

  • Struktur Fungsional

Struktur ini mengorganisir perusahaan berdasarkan fungsi-fungsi khusus seperti pemasaran, produksi, dan keuangan. Setiap departemen fokus pada tugas spesifik, dan komunikasi terjadi di dalam masing-masing fungsional.

 

  • Struktur Matriks

Matriks menggabungkan elemen fungsional dan proyek. Karyawan bekerja di bawah dua otoritas: manajer fungsional dan manajer proyek. Hal ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi perubahan dan proyek-proyek khusus.

 

  • Struktur Divisi

Dalam struktur divisi, perusahaan dibagi menjadi divisi-divisi yang beroperasi sebagai unit bisnis mandiri. Setiap divisi memiliki tanggung jawab penuh atas fungsi-fungsi mereka dan seringkali memiliki manajemen yang terpisah.

 

  • Struktur Network

Struktur jaringan menekankan keterbukaan dan konektivitas antara berbagai unit bisnis. Perusahaan membentuk kemitraan dan keterlibatan di seluruh jaringan untuk mencapai sinergi dan kolaborasi yang lebih baik.

 

  • Struktur Process

Struktur proses berfokus pada aliran kerja dan tugas-tugas spesifik yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proses bisnis. Setiap anggota tim memiliki peran yang terdefinisi dalam jalur kerja tertentu.

 

  • Struktur Project

Cocok untuk organisasi yang sering bekerja pada proyek-proyek khusus. Struktur ini membentuk tim yang didedikasikan untuk proyek tertentu dengan pemimpin proyek yang memiliki kontrol penuh.

 

  • Struktur Hierarchical

Struktur ini adalah bentuk tradisional dengan tingkatan yang jelas, dimulai dari pimpinan tertinggi hingga tingkatan paling rendah. Komunikasi dan pengambilan keputusan mengikuti garis-garis hierarki.

 

  • Struktur Flatter

Struktur ini mengurangi jumlah tingkatan dalam hierarki, menciptakan lingkungan yang lebih terbuka dan kolaboratif. Keputusan dapat diambil dengan lebih cepat dan komunikasi menjadi lebih langsung.

 

Baca Juga: Opportunity Cost: Pengertian, Contoh, dan Cara Menghitungnya

 

Contoh Jabatan dalam Struktur Organisasi Perusahaan

 

Struktur organisasi perusahaan memainkan peran kunci dalam mengarahkan operasional dan mencapai tujuan organisasi. Sebagai panduan awal, berikut beberapa jabatan yang umumnya terdapat dalam struktur organisasi perusahaan.

 

  • Dewan Komisaris

Dewan komisaris memainkan peran pengawasan terhadap direktur dan mempertanggungjawabkan tindakan direksi kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Tanggung jawab mereka mencakup pengawasan keputusan direksi untuk memastikan tidak adanya kerugian bagi perusahaan.

 

  • Direktur Utama

Sebagai puncak hierarki, direktur utama memiliki tanggung jawab atas seluruh aktivitas perusahaan. Ini melibatkan pengawasan organisasi, pengambilan kebijakan, dan perencanaan jangka pendek dan panjang.

 

  • Manajer Operasional

Manajer operasional mewakili direksi di wilayahnya, mengkoordinasikan unit perusahaan, dan mengelola sumber daya serta pengembangan manajemen dan teknologi.

 

  • Manajer Pemasaran

Bertanggung jawab atas promosi dan strategi pemasaran, manajer pemasaran juga mengkoordinasikan pekerjaan tim pemasaran di bawahnya.

 

  • Administrasi dan Keuangan

Bagian ini menyusun administrasi, mengawasi tata usaha, dan mencatat transaksi keuangan perusahaan.

 

  • Business Division

Divisi ini membuat laporan rencana pemasaran dan biaya terkait, serta menata dokumen-dokumen perusahaan terkait pemasaran.

 

  • Site Manager

Site manager bertanggung jawab di lapangan, memastikan proyek berjalan dengan baik dan memimpin pelaksanaan proyek.

 

Baca Juga: Daftar Jenis Tunjangan Karyawan dalam Suatu Perusahaan

 

Tips Membuat Struktur Organisasi Perusahaan

 

Struktur organisasi perusahaan memegang peranan penting dalam membimbing operasional dan mencapai tujuan organisasi. Berikut adalah beberapa tips kunci yang perlu dipertimbangkan saat merancang struktur perusahaan.

 

  • Rancang Sesuai dengan Visi dan Misi

Sesuaikan struktur organisasi dengan visi, misi, tujuan, dan target perusahaan.

 

  • Tentukan Rumusan Bisnis Terlebih Dahulu

Tentukan dengan jelas rumusan bisnis, termasuk tujuan bisnis dan proses yang diperlukan sebelum merancang struktur organisasi.

 

  • Perhatikan Keahlian Karyawan

Analisis keahlian dan keterampilan karyawan untuk memastikan penempatan yang sesuai dengan posisi dan tanggung jawab mereka.

 

  • Perhatikan Umur Karyawan

Pertimbangkan perbedaan umur untuk menjaga kerjasama yang efektif di antara anggota tim.

 

  • Transparan Mengenai Posisi atau Peran

Komunikasikan secara transparan segala perbedaan posisi kepada karyawan, terutama saat melakukan restrukturisasi.

 

  • Lakukan Self-Assessment untuk Karyawan

Berikan kesempatan kepada karyawan untuk melakukan self-assessment guna mengevaluasi relevansi keterampilan mereka dengan posisi saat ini.

 

  • Usahakan Struktur Organisasi yang Efisien

Hindari struktur yang terlalu kompleks; berusaha untuk desain organisasi yang efisien untuk meminimalkan risiko dualisme divisi atau tantangan kepemimpinan.


Struktur organisasi perusahaan tidak berhenti pada pembuatan diagram hierarki, tetapi juga tentang menciptakan fondasi yang kuat untuk efisiensi, komunikasi, dan pencapaian tujuan bersama. Dengan memahami fungsi dan manfaatnya, perusahaan dapat merancang struktur yang sesuai dengan dinamika internal dan eksternal untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

 

Baca Juga: 10 Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula dengan Modal Kecil

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Memilih bisnis yang tepat memang tidak mudah, namun dengan pertimbangan yang matang dan sikap yang positif, Anda dapat menemukan bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih bisnis yang tepat untuk pemula.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

694 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
32 Suka