17 June 2024
4 menit baca

Proses Bisnis: Definisi, Jenis, Manfaat, & Contohnya

4 menit baca

Proses Bisnis adalah

 

Proses bisnis adalah serangkaian aktivitas atau tugas yang saling terkait untuk mencapai tujuan tertentu dalam sebuah organisasi. Proses ini mencakup berbagai tahapan yang dirancang untuk menghasilkan produk atau layanan yang bernilai bagi pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi proses bisnis, jenis, manfaat, hingga contohnya dalam dunia usaha secara konkret.

 

Apa Itu Proses Bisnis?

 

Proses bisnis adalah serangkaian aktivitas atau tugas terstruktur yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu, seperti menghasilkan produk atau layanan. Setiap proses bisnis melibatkan berbagai elemen, termasuk sumber daya manusia, teknologi, informasi, dan material, yang bekerja sama secara terkoordinasi. 

 

Tujuan proses bisnis sendiri adalah untuk menciptakan nilai bagi pelanggan atau pemangku kepentingan lain, serta memastikan efisiensi dan efektivitas operasional. Proses bisnis dapat mencakup berbagai aspek operasional perusahaan, mulai dari produksi, penjualan, hingga pengelolaan sumber daya.

 

Baca Juga: Panduan Cara Mendirikan PT Perorangan dengan Mudah

 

Karakteristik Proses Bisnis

 

Proses dalam aktivitas bisnis memiliki sejumlah karakteristik yang menonjol, di mana semuanya harus bisa dipelajari dan dipraktikkan dalam dunia usaha. Poin-poin tersebut antara lain:

 

  • Definitif

Setiap pihak yang terlibat harus memahami dengan jelas masukan, keluaran, dan batasan-batasan yang ditetapkan oleh perusahaan dalam aktivitas bisnis.

 

  • Urutan

Semua rangkaian aktivitas bisnis harus dilakukan secara sistematis, teratur, dan sesuai dengan urutan yang telah ditentukan.

 

  • Pelanggan

Hasil dari serangkaian aktivitas bisnis harus dapat diterima dan memenuhi kebutuhan pihak yang membutuhkannya.

 

  • Nilai Tambah

Setiap proses dalam aktivitas bisnis harus mampu memberikan nilai tambah melalui inovasi, transformasi, dan pengembangan yang berkelanjutan, baik bagi produk maupun pelanggan.

 

  • Keterkaitan

Aktivitas bisnis harus saling terhubung dan tidak dapat berdiri sendiri, memerlukan struktur organisasi yang dapat menjaga hubungan antar aktivitas.

 

  • Fungsi Silang

Dalam serangkaian aktivitas bisnis, terdapat beberapa fungsi yang saling mendukung dan melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.

 

Baca Juga: Contoh Proposal Permohonan Bantuan Modal Usaha Perorangan

 

Jenis Proses Bisnis dan Contohnya

 

Dalam dunia bisnis, proses bisnis dapat dikategorikan ke dalam tiga jenis utama, yaitu proses manajemen, proses operasional, dan proses pendukung. Masing-masing jenis memiliki peran dan fungsi spesifik yang membantu organisasi mencapai tujuannya. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai masing-masing jenis proses bisnis.

 

  • Proses Manajemen

Proses manajemen berperan penting dalam mengendalikan operasional dan mengarahkan perusahaan sesuai dengan tujuan strategisnya. 

 

Contoh nyata dari proses manajemen adalah manajemen strategis, di mana perusahaan menetapkan tujuan jangka panjang, menyusun strategi untuk mencapainya, dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan. 

 

Selain itu, ada juga manajemen risiko yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang dapat mempengaruhi operasional bisnis, serta manajemen kualitas yang berfokus pada pengendalian dan peningkatan kualitas produk atau layanan untuk memastikan kepuasan pelanggan.

 

  • Proses Operasional

Proses operasional merupakan inti dari kegiatan bisnis yang menciptakan dan mengirimkan nilai utama kepada pelanggan. 

 

Contoh dari proses operasional meliputi proses pembelian, yang mencakup pengadaan bahan baku atau barang yang diperlukan untuk produksi; proses manufaktur, yang melibatkan produksi barang jadi dari bahan baku melalui serangkaian tahap produksi; serta proses pengiklanan dan pemasaran, yang mempromosikan produk atau layanan kepada target pasar untuk meningkatkan penjualan. 

 

Selain itu, proses penjualan juga termasuk dalam kategori ini, di mana perusahaan melakukan penjualan produk atau layanan kepada pelanggan dan menyediakan layanan purna jual.

 

  • Proses Pendukung

Proses pendukung memberikan dukungan penting untuk memastikan kelancaran operasional bisnis secara keseluruhan, meskipun tidak menghasilkan nilai langsung bagi pelanggan. 

 

Contoh dari proses pendukung adalah akunting, yang mencakup pencatatan, pengelolaan, dan pelaporan keuangan perusahaan untuk memastikan kesehatan finansial dan kepatuhan terhadap regulasi. Proses rekrutmen juga termasuk dalam kategori ini, yang melibatkan perekrutan, seleksi, dan pelatihan karyawan baru untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan. 

 

Selain itu, ada juga pusat bantuan, yang memberikan dukungan teknis dan layanan pelanggan untuk menangani masalah atau pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan atau pengguna internal.

 

Baca Juga: 21 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan, Minim Saingan!

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Amankan Keuangan Perusahaan, Mari Investasi!

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi dengan mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

181 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
35 Suka