05 July 2023
4 menit baca

9 Pengusaha Properti Paling Sukses dan Kaya di Indonesia

4 menit baca

 

Di antara banyaknya instrumen investasi yang ada, bidang properti menjadi instrumen yang paling banyak digandrungi masyarakat. Alasannya karena harga properti selalu naik tiap tahun. Keuntungan dari investasi properti dibuktikan oleh lahirnya berbagai pengusaha properti yang sukses dan kaya raya seperti para sosok di bawah ini.

 

  • Chairul Tanjung – Pemilik CT Corp

 

Chairul Tanjung, atau akrab disapa dengan sebutan CT, adalah salah satu pengusaha properti paling sukses dan kaya di Indonesia. Beliau memulai karier bisnisnya dengan membuka sebuah perusahaan distribusi buku pada tahun 1983. Dari situ, CT terus melebarkan sayap bisnisnya hingga memiliki berbagai perusahaan di berbagai sektor.

 

Dalam dunia properti, Chairul Tanjung terkenal sebagai pemilik CT Corp yang memiliki beberapa proyek properti besar di Indonesia. Salah satu proyek yang paling terkenal adalah Trans Studio, yaitu kompleks hiburan terpadu yang terdiri dari theme park, hotel, dan pusat perbelanjaan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula

 

  • Tahir – Pendiri Mayapada Group

 

Tahir adalah seorang pengusaha sukses yang dikenal sebagai pendiri Mayapada Group. Beliau lahir di Indonesia dan kemudian merantau ke luar negeri untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi. Setelah mendapatkan gelar sarjana ekonomi, Tahir memulai karier di dunia keuangan dan investasi sebelum akhirnya mendirikan Mayapada Group.

 

Mayapada Group sendiri telah meraih kesuksesan yang luar biasa di industri properti. Mereka memiliki berbagai proyek properti, termasuk pembangunan gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan properti residensial mewah. 

 

  • Ciputra – Pendiri Ciputra Group

 

Ciputra adalah nama yang sangat dikenal dalam industri properti di Indonesia. Beliau memulai karier sebagai seorang arsitek sebelum akhirnya mendirikan Ciputra Group pada tahun 1981. 

 

Ciputra Group sendiri telah berhasil mengembangkan berbagai proyek properti di seluruh Indonesia, termasuk perumahan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Mereka juga terkenal dengan konsep kota mandiri yang sukses seperti CitraLand dan CitraGarden. 

 

Keberhasilan Ciputra dalam mengelola bisnis properti inilah yang membuatnya menjadi salah satu pengusaha paling sukses dan kaya di Indonesia.

 

Baca Juga: Instrumen Investasi untuk Dana Pensiun Terbaik, Yuk Siapkan!

 

  • Soetjipto Nagaria – Pendiri Agung Sedayu Group

 

Soetjipto Nagaria adalah seorang pengusaha properti yang merupakan pendiri Agung Sedayu Group. Beliau memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknik sipil dan memulai karier di industri properti pada tahun 1971. 

 

Sejak itu, Soetjipto Nagaria telah berhasil mengembangkan Agung Sedayu Group yang mampu mengembangkan berbagai proyek properti, termasuk pusat perbelanjaan, perumahan, hotel, dan gedung perkantoran. 

 

Mereka juga terkenal dengan proyek ikonik seperti Mall Kelapa Gading dan Green Lake City. Dengan keberhasilan ini, Soetjipto Nagaria telah menjadi salah satu pengusaha properti sukses dan kaya di Indonesia.

 

  • Chairul Saleh – Pendiri Alam Sutera Realty

 

Chairul Saleh adalah seorang pengusaha properti yang merupakan pendiri Alam Sutera Realty. Beliau memulai karier bisnisnya pada tahun 1980-an dengan membuka sebuah perusahaan konstruksi. Kemudian, Chairul Saleh beralih ke bisnis properti dan mendirikan Alam Sutera Realty.

 

Alam Sutera Realty telah mengembangkan kawasan hunian yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas seperti perumahan, pusat perbelanjaan, taman bermain, dan lapangan golf. 

 

  • Eka Tjipta Widjaja – Pendiri Sinar Mas Group

 

Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha sukses yang merupakan pendiri Sinar Mas Group. Beliau memulai karier bisnisnya dengan berjualan kelapa sawit pada tahun 1962. Dari situ, Eka Tjipta Widjaja mengembangkan Sinar Mas Group menjadi salah satu konglomerat terbesar di Indonesia.

 

Sinar Mas Group juga aktif di bidang properti dengan mengembangkan berbagai proyek properti di Indonesia. Mereka memiliki proyek-proyek properti yang mencakup perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel. 

 

Kontribusi Eka Tjipta Widjaja dalam industri properti telah membuatnya menjadi salah satu pengusaha properti paling sukses dan kaya di Indonesia.

 

  • Anthoni Salim – Pendiri Indofood dan Salim Group

 

Anthoni Salim adalah seorang pengusaha terkenal yang merupakan pendiri Indofood dan Salim Group. Beliau merupakan anak dari Liem Sioe Liong, seorang tokoh bisnis terkemuka di Indonesia. Anthoni Salim melanjutkan jejak karier ayahnya dan berhasil mengembangkan Indofood dan Salim Group menjadi perusahaan yang sukses di berbagai sektor, termasuk properti.

 

Salim Group juga memiliki divisi properti yang aktif dalam mengembangkan proyek-proyek properti di Indonesia. Mereka telah mengembangkan perumahan, pusat perbelanjaan, dan properti komersial lainnya. 

 

  • Murdaya Poo – Pendiri Central Cipta Murdaya Group

 

Murdaya Poo adalah seorang pengusaha properti yang merupakan pendiri Central Cipta Murdaya Group. Beliau memulai karier bisnisnya dengan berjualan bahan bangunan dan kemudian mengembangkan bisnis properti.

 

Central Cipta Murdaya Group telah mengembangkan berbagai proyek properti di Indonesia, termasuk pusat perbelanjaan, perumahan, dan properti komersial. Murdaya Poo telah berhasil mencapai kesuksesan yang luar biasa di bidang properti dan menjadi salah satu pengusaha properti terkaya dan tersukses di Indonesia.

 

  • Sjamsul Nursalim – Pendiri Gajah Tunggal Group

 

Sjamsul Nursalim adalah seorang pengusaha sukses yang merupakan pendiri Gajah Tunggal Group. Beliau memulai karier bisnisnya dengan berjualan ban dan kemudian mengembangkan Gajah Tunggal Group menjadi salah satu produsen ban terkemuka di Indonesia.

 

Gajah Tunggal Group juga memiliki divisi properti yang telah mengembangkan berbagai proyek properti di Indonesia. Mereka telah sukses dalam mengembangkan perumahan, apartemen, dan pusat perbelanjaan. 

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Para pengusaha tersebut telah mencapai kesuksesan yang luar biasa dalam bisnis properti. Keberhasilan mereka adalah inspirasi bagi banyak orang yang ingin meniti karier di industri ini. Dengan ketekunan, keahlian, dan visi bisnis yang kuat, mereka telah membuktikan bahwa kesuksesan di dunia properti adalah mungkin untuk dicapai.

1771 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
601 Suka