17 March 2024
5 menit baca

Manajemen Strategis: Pengertian, Tujuan, dan Prosesnya

5 menit baca

Manajemen Strategis adalah

 

Manajemen strategis adalah suatu pendekatan yang penting dalam mengelola sebuah bisnis di era modern. Dalam dunia yang terus berkembang pesat seperti sekarang, perusahaan perlu memiliki strategi yang kuat untuk tetap relevan dan bersaing secara efektif. Artikel ini akan membahas konsep manajemen strategis dan pentingnya menerapkannya dalam konteks bisnis saat ini.

 

Apa itu Manajemen Strategis?

 

Manajemen strategis adalah proses perencanaan, implementasi, dan pengawasan keputusan-keputusan yang diambil oleh manajemen puncak sebuah organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjangnya. Dalam manajemen strategis, perusahaan menetapkan visi, misi, dan tujuan strategisnya, kemudian merumuskan strategi untuk mencapainya. 

 

Proses ini melibatkan analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, identifikasi peluang dan tantangan, serta alokasi sumber daya yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif. Manajemen strategis juga melibatkan evaluasi dan pengaturan ulang strategi secara berkala untuk menyesuaikan dengan perubahan kondisi pasar dan lingkungan yang terus berubah.

 

Baca Juga: Manajemen Keuangan Usaha untuk Pelaku UMKM yang Harus Anda Terapkan

 

Tujuan Manajemen Strategis

 

Tujuan utama dari manajemen strategis adalah untuk membantu organisasi mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan serta memenuhi tujuan jangka panjangnya. Berikut adalah beberapa tujuan spesifik dari manajemen strategis:

 

  • Meningkatkan kinerja organisasi

Manajemen strategis bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas organisasi melalui penggunaan strategi yang tepat.

 

  • Mengembangkan keunggulan kompetitif

Manajemen strategis bertujuan untuk menciptakan atau mempertahankan keunggulan kompetitif organisasi melalui pengembangan strategi yang unik dan efektif.

 

  • Mengidentifikasi peluang dan tantangan

Melalui analisis lingkungan eksternal dan internal, manajemen strategis membantu organisasi mengidentifikasi peluang pertumbuhan dan menghadapi tantangan yang dihadapi.

 

  • Mengalokasikan sumber daya secara efektif

Manajemen strategis membantu organisasi dalam pengelolaan sumber daya seperti manusia, keuangan, dan fisik secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan strategisnya.

 

  • Meningkatkan responsibilitas dan akuntabilitas

Dengan merumuskan tujuan jangka panjang dan strategi-strategi yang jelas, manajemen strategis membantu meningkatkan tanggung jawab dan akuntabilitas di seluruh organisasi.

 

  • Menyesuaikan dengan perubahan lingkungan

Manajemen strategis memungkinkan organisasi untuk merespons perubahan-perubahan di lingkungan bisnis, pasar, teknologi, dan regulasi dengan cepat dan efektif.

 

  • Meningkatkan adaptasi dan fleksibilitas

Melalui evaluasi dan pengaturan ulang strategi secara berkala, manajemen strategis membantu organisasi untuk tetap adaptif dan fleksibel dalam menghadapi perubahan yang terus-menerus.

 

Baca Juga: Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, dan Komponennya

 

Komponen Utama Manajemen Strategis

 

Manajemen strategis melibatkan beberapa komponen kunci yang membentuk landasan bagi pengembangan strategi bisnis. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam manajemen strategis.

 

  • Analisis Lingkungan

Organisasi perlu secara cermat menganalisis lingkungan eksternal mereka, termasuk faktor-faktor seperti pasar, pesaing, teknologi, dan regulasi. Dengan memahami lingkungan eksternal ini, organisasi dapat mengidentifikasi peluang dan ancaman yang mungkin memengaruhi jalannya bisnis.

 

  • Penentuan Visi dan Misi

Visi dan misi yang jelas membantu organisasi menetapkan arah dan tujuan jangka panjangnya. Visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh organisasi, sementara misi menentukan peran organisasi dalam mencapai visi tersebut.

 

  • Penetapan Tujuan

Penetapan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART) sangat penting dalam manajemen strategis. Tujuan yang jelas membantu mengarahkan tindakan organisasi dan memberikan landasan untuk pengembangan strategi.

 

  • Pembuatan Strategi

Berdasarkan analisis lingkungan dan tujuan organisasi, langkah selanjutnya adalah mengembangkan strategi yang sesuai. Strategi adalah rencana tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan kekuatan internal dan mengatasi tantangan eksternal.

 

  • Implementasi Strategi

Implementasi strategi melibatkan pengalokasian sumber daya, pengambilan keputusan, dan pengorganisasian aktivitas organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses ini membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik di seluruh organisasi.

 

  • Pengawasan dan Evaluasi

Pengawasan dan evaluasi adalah langkah terakhir dalam manajemen strategis. Organisasi perlu terus memantau kinerja mereka untuk memastikan bahwa strategi yang diterapkan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi secara berkala memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi keberhasilan dan menyesuaikan strategi mereka sesuai kebutuhan.

 

Baca Juga: Manajemen Risiko Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Langkah Melakukannya

 

Proses Tahapan Manajemen Strategis

 

Manajemen strategis melibatkan serangkaian tahapan yang harus dilalui oleh organisasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi yang efektif. Berikut adalah tahapan-tahapan utama dalam proses manajemen strategis.

 

  • Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal

Organisasi melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor lingkungan eksternal seperti pasar, pesaing, teknologi, dan regulasi. Selain itu, organisasi juga menganalisis kekuatan dan kelemahan internal mereka, seperti sumber daya manusia, teknologi, dan proses operasional.

 

  • Penetapan Visi, Misi, dan Tujuan

Berdasarkan hasil analisis lingkungan, organisasi menetapkan visi yang mencerminkan gambaran masa depan yang diinginkan dan misi yang menentukan peran organisasi dalam mencapai visi tersebut.

 

Organisasi juga menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART) untuk memberikan arah yang jelas bagi strategi yang akan dikembangkan.

 

  • Pengembangan Strategi

Dengan mempertimbangkan hasil analisis lingkungan dan tujuan organisasi, tim manajemen mengembangkan strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan jangka panjang organisasi.

 

Strategi ini dapat mencakup strategi pertumbuhan, diversifikasi produk, pengembangan pasar, atau strategi diferensiasi, tergantung pada tujuan dan kondisi pasar.

 

  • Implementasi Strategi

Setelah strategi ditetapkan, langkah selanjutnya adalah mengimplementasikannya ke dalam aktivitas operasional organisasi. Hal ini melibatkan alokasi sumber daya, pengorganisasian tim, dan pengambilan keputusan yang tepat untuk memastikan bahwa strategi dilaksanakan secara efektif.

 

  • Pengawasan dan Evaluasi

Proses manajemen strategis tidak berakhir setelah implementasi strategi. Organisasi perlu terus memantau kinerja mereka dan mengevaluasi efektivitas strategi yang telah diterapkan.

 

Evaluasi berkala membantu organisasi mengidentifikasi keberhasilan, kekurangan, dan peluang untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi mereka sesuai kebutuhan.

 

Manajemen strategis merupakan landasan yang penting bagi kesuksesan sebuah bisnis di era modern. Dengan memahami lingkungan bisnis mereka dan mengembangkan strategi yang tepat, organisasi dapat memperoleh keunggulan kompetitif, mengantisipasi perubahan pasar, mengarahkan sumber daya mereka dengan efisien, dan mendorong inovasi. Oleh karena itu, penting bagi setiap organisasi untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen strategis dalam operasinya sehari-hari.

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam proyek-proyek properti yang menjanjikan dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang aman dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

1777 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
36 Suka