09 May 2023
4 menit baca

Mengenal Industri Bisnis Hospitality dan Jenis Pekerjaannya

4 menit baca

 

Dari tahun ke tahun, industri hospitality semakin populer dan dikenal masyarakat luas. Tak melulu bisnis hotel atau penginapan, konsep ini merambah ke bisnis lainnya seperti event, travel & tourism, hingga kuliner. Berikut ulasan lengkapnya!

 

Apa Itu Hospitality?

 

Hospitality adalah industri bisnis yang berfokus pada pelayanan dan pengalaman pelanggan dalam berbagai jenis bisnis seperti hotel, restoran, perusahaan penerbangan, dan tempat wisata. 

 

Dalam industri ini, pelayanan yang berkualitas tinggi dan pengalaman pelanggan yang menyenangkan menjadi hal yang sangat penting untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas.

 

Baca Juga: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM): Pengertian, Jenis, dan Peranannya di Indonesia

 

Apa Saja yang Termasuk dalam Industri Hospitality?

 

Industri hospitality meliputi banyak jenis bisnis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis industri hospitality yang umum.

 

  • Perhotelan

Industri perhotelan merupakan salah satu industri hospitality yang paling terkenal. Hotel dan resor menawarkan penginapan bagi pelanggan yang melakukan perjalanan jauh atau membutuhkan tempat tinggal sementara. Fasilitas pelayanan yang diberikan biasanya seperti kolam renang, spa, restoran, dan ruang pertemuan.

 

  • Restoran

Restoran merupakan bisnis yang menyediakan makanan dan minuman untuk pelanggan. Restoran bisa berada di dalam hotel atau menjadi bisnis tersendiri. Hidangan yang disediakan contohnya makanan lokal, makanan internasional, minuman beralkohol, dan minuman non-alkohol. 

 

  • Maskapai Penerbangan dan Bandara

Maskapai penerbangan dan bandara merupakan bisnis yang berfokus pada transportasi. Maskapai menyediakan layanan transportasi udara bagi pelanggan yang melakukan perjalanan jauh. Bandara merupakan tempat di mana pelanggan bisa naik pesawat dan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

 

  • Perusahaan Penyewaan Mobil dan Transportasi

Perusahaan penyewaan mobil menyediakan layanan transportasi bagi pelanggan yang membutuhkan kendaraan untuk melakukan perjalanan. Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis kendaraan seperti mobil, motor, hingga sepeda.

 

  • Tempat Wisata dan Atraksi

Tempat wisata dan atraksi merupakan bisnis yang menawarkan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi pelanggan. Sajian yang ditawarkan bisa berupa taman hiburan, museum, taman, dan tempat wisata alam.

 

  • Kegiatan Perjalanan dan Tour

Bisnis yang satu ini menawarkan paket perjalanan dan tour bagi pelanggan. Perusahaan ini biasanya menawarkan paket perjalanan yang mencakup tiket pesawat, penginapan, dan berbagai aktivitas seperti city tour dan hiking.

 

  • Layanan Pribadi dan Pengasuhan Anak

Layanan pribadi dan pengasuhan anak juga merupakan bagian dari industri hospitality. Beberapa di antaranya seperti layanan pijat, laundry dan dry cleaning, pengasuhan anak, hingga antar-jemput bandara atau stasiun.

 

Baca Juga: 7 Ide Bisnis UMKM yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha Anda

 

Jenis Pekerjaan di Industri Hospitality dan Tugasnya

 

Industri hospitality menawarkan berbagai jenis pekerjaan yang berbeda, mulai dari resepsionis, koki, hingga manajer hotel. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Resepsionis

Resepsionis adalah orang yang bertanggung jawab untuk melayani tamu dan menjawab pertanyaan mereka. Pekerjaan ini meliputi menerima tamu, membantu mereka dengan check-in dan check-out, dan memberikan informasi tentang hotel atau tempat wisata.

 

  • Waiter atau Waitress

Waiter atau waitress adalah orang yang bertanggung jawab untuk melayani makanan dan minuman kepada tamu di restoran atau hotel. Pekerjaan ini meliputi mengambil pesanan, mengantar makanan dan minuman ke meja tamu, dan membersihkan meja setelah tamu selesai makan.

 

  • Koki

Koki adalah orang yang bertanggung jawab untuk memasak makanan di restoran atau hotel. Pekerjaan ini meliputi merancang menu, membeli bahan makanan, memasak makanan, dan membersihkan dapur.

 

  • Manajer Hotel

Manajer hotel adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola operasional hotel, termasuk mengawasi staf, memastikan ketersediaan kamar dan fasilitas hotel, serta memastikan kepuasan tamu. 

 

Pekerjaan ini meliputi merencanakan dan mengelola anggaran hotel, mengembangkan strategi pemasaran, dan memastikan bahwa hotel beroperasi secara efisien.

 

  • Pemandu Wisata

Pemandu wisata adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan wisatawan di tempat-tempat wisata. Pekerjaan ini meliputi memberikan informasi tentang objek wisata, menjelaskan sejarah dan keunikan tempat tersebut, serta membantu wisatawan dalam perjalanan mereka.

 

  • Pramugari

Pramugari adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan keselamatan pada penumpang di pesawat. Pekerjaan ini meliputi memberikan instruksi keselamatan kepada penumpang, memberikan makanan dan minuman selama penerbangan, dan memberikan bantuan pada penumpang yang membutuhkan.

 

  • Agen Perjalanan

Agen perjalanan adalah orang yang membantu pelanggan untuk merencanakan perjalanan mereka, termasuk memesan tiket pesawat, hotel, dan transportasi lainnya. 

 

Beberapa jobdesk yang dilakukannya antara lain memberi saran tentang destinasi wisata, mencarikan penawaran terbaik untuk pelanggan, dan memberikan informasi tentang visa dan persyaratan perjalanan lainnya.

 

  • Manajer Restoran

Manajer restoran adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengelola operasional restoran, termasuk mengawasi staf, memastikan ketersediaan bahan makanan dan minuman, serta memastikan kepuasan pelanggan. 

 

Seorang manajer restoran bertugas untuk merencanakan dan mengelola anggaran restoran, mengembangkan menu, dan memastikan bahwa restoran yang ia urus beroperasi secara efisien.

 

  • Agen Rental Mobil

Agen rental mobil adalah orang yang membantu pelanggan untuk menyewa mobil untuk perjalanan mereka. Pekerjaan ini meliputi memberikan saran tentang mobil yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, memberikan informasi tentang harga dan persyaratan penyewaan, serta membantu pelanggan untuk mengatur pengambilan dan pengembalian mobil.

 

  • Housekeeping

Housekeeping adalah orang yang bertanggung jawab untuk membersihkan dan merawat kamar dan fasilitas di hotel atau tempat wisata. Pekerjaan ini meliputi membuat tempat tidur, membersihkan kamar mandi, dan memberikan perlengkapan mandi dan perlengkapan lainnya kepada tamu.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

Hospitality industry berperan besar dalam ekonomi global dan memiliki prospek yang cerah di masa depan. Tentu saja, agar bisa survive, bisnis ini harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanannya. 

 

Yang paling penting, prinsip dasar dalam bisnis hospitality yang wajib dijunjung tinggi adalah konsep ramah tamah. Konsep ini melibatkan sikap dan perilaku yang ramah serta sikap layanan yang baik dari karyawan terhadap tamu dan pengunjung. 

 

Dari sinilah, industri hospitality bisa tumbuh dan berkembang besar. Semoga Teman Bizharian yang berniat membuka bisnis ini bisa belajar banyak dan merencanakan yang terbaik.

5828 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
505 Suka