13 March 2024
4 menit baca

Gimmick Marketing: Pengertian, Contoh, dan Strateginya

4 menit baca

gimmick marketing adalah

 

Dalam dunia pemasaran yang semakin kompetitif, inovasi menjadi kunci utama untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu strategi yang telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir adalah “gimmick marketing“. Gimmick marketing tidak hanya melibatkan strategi pemasaran konvensional, tetapi juga mengandalkan daya tarik unik dan kreatif untuk menciptakan kesan yang mendalam pada konsumen.

 

Apa itu Gimmick Marketing?

 

Gimmick marketing adalah strategi pemasaran yang menekankan pada penggunaan trik atau taktik yang mencolok dan kreatif untuk menarik perhatian konsumen. Gimmick dapat berupa ide atau konsep yang unik, seringkali tidak biasa atau menyenangkan, yang bertujuan untuk membuat produk atau layanan terlihat menarik di mata konsumen. 

 

Meskipun gimmick marketing dapat efektif untuk meningkatkan awareness dan menarik perhatian sementara, keberhasilannya dalam jangka panjang sering tergantung pada kualitas sebenarnya dari produk atau layanan yang ditawarkan. Jika gimmick tidak didukung oleh nilai yang substansial, dampaknya mungkin hanya bersifat sementara.

 

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Paling Efektif dan Menguntungkan di Tahun 2024

 

Contoh Gimmick Marketing

 

Gimmick marketing memang dikenal dengan kreativitasnya yang luar biasa dalam menarik perhatian konsumen. Beberapa merek telah sukses menerapkan strategi ini, menciptakan kesan yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa contoh gimmick marketing yang berhasil mencuri perhatian.

 

  • Warby Parker: “Home Try-On”

Merek kacamata Warby Parker sukses dengan kampanye “Home Try-On” mereka. Konsepnya sederhana: konsumen dapat memilih lima kacamata yang diinginkan, kacamata tersebut kemudian dikirimkan secara gratis untuk dicoba di rumah selama beberapa hari. Pendekatan ini tidak hanya memberikan pengalaman personal kepada konsumen tetapi juga menciptakan buzz di media sosial dengan berbagi foto dan pengalaman penggunaan kacamata Warby Parker.

 

  • IKEA: “Catalogue in a New Light”

IKEA mengambil keunikan dari katalog produk mereka dengan kampanye “Catalogue in a New Light”. Mereka menciptakan buku masak yang berisi resep makanan menggunakan peralatan dapur IKEA. Dengan menyelipkan katalog produk ke dalam buku masak, IKEA berhasil tidak hanya mempromosikan peralatan dapur mereka tetapi juga memberikan nilai tambah kepada konsumen dalam bentuk resep yang menarik.

 

  • Kit Kat: “Have a Break, Have a Bench”

Kit Kat, merek cokelat terkenal, mengubah pendekatan gimmick mereka dengan kampanye “Have a Break, Have a Bench”. Mereka memasang kursi panjang yang bentuknya menyerupai batang Kit Kat di tempat-tempat umum. Pendekatan ini tidak hanya menciptakan kesan kreatif yang kuat tetapi juga menjadi titik fokus bagi orang-orang yang ingin bersantai, sekaligus membangkitkan asosiasi positif dengan merek Kit Kat.

 

  • Red Bull: “Stratos Jump”

Red Bull mengambil risiko besar dengan kampanye “Stratos Jump” yang melibatkan Felix Baumgartner melakukan lompatan bebas dari luar angkasa. Melalui siaran langsung di berbagai platform, Red Bull menciptakan momen spektakuler yang mendapatkan perhatian global. Aksi ekstrem ini tidak hanya mengukuhkan posisi Red Bull sebagai merek yang berani tetapi juga menunjukkan komitmen mereka pada nilai-nilai keberanian dan inovasi.

 

  • Burger King: “Whopper Detour”

Burger King menggunakan gimmick marketing dengan melibatkan teknologi geofencing dalam kampanye “Whopper Detour”. Mereka menawarkan diskon besar bagi konsumen yang menggunakan aplikasi mereka dan berada dekat dengan restoran saingan, McDonald’s. Pendekatan ini tidak hanya menciptakan interaksi yang unik tetapi juga berhasil meningkatkan unduhan aplikasi Burger King serta kunjungan ke restoran mereka.

 

Baca Juga: 10 Cara Membuat Content Marketing yang Menarik untuk Bisnis

 

Cara Menyusun Gimmick Marketing

 

Gimmick marketing membutuhkan perencanaan yang matang dan kreativitas tinggi untuk mencapai hasil yang memikat konsumen. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menyusun gimmick marketing yang efektif.

 

  • Pahami Target Pasar Anda

Sebelum menciptakan gimmick marketing, pahami dengan baik siapa target pasar Anda. Ketahui preferensi, kebutuhan, dan perilaku konsumen potensial. Dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda, Anda dapat menciptakan gimmick yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

 

  • Identifikasi Uniknya Merek Anda

Gimmick marketing harus mencerminkan identitas dan nilai-nilai unik dari merek Anda. Identifikasi elemen khas yang membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing. Apakah itu kreativitas, keberanian, atau inovasi, pastikan gimmick yang Anda pilih mendukung dan memperkuat karakteristik unik tersebut.

 

  • Tentukan Tujuan Kampanye

Sebelum meluncurkan gimmick marketing, tentukan tujuan yang ingin Anda capai. Apakah itu meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan interaksi di media sosial, atau meningkatkan penjualan, tujuan yang jelas akan membimbing strategi dan taktik Anda selama kampanye.

 

  • Kreativitas Tanpa Batas

Gimmick marketing membutuhkan kreativitas yang tak terbatas. Pikirkan ide-ide yang unik, tak terduga, dan dapat menciptakan efek wow pada konsumen. Pertimbangkan aspek visual, sensoris, atau bahkan interaktif yang dapat membuat gimmick Anda menjadi pusat perhatian.

 

  • Manfaatkan Media Sosial

Gimmick marketing seringkali terkait erat dengan media sosial. Pertimbangkan bagaimana gimmick Anda dapat menjadi viral di platform seperti Instagram, Twitter, atau TikTok. Buat konten yang mudah dibagikan dan meminta partisipasi konsumen untuk meningkatkan visibilitas kampanye Anda.

 

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Paling Efektif dan Menguntungkan di Tahun 2024

 

  • Pertimbangkan Faktor Keberlanjutan

Sebuah gimmick yang sukses bukan hanya sesaat, tetapi dapat menciptakan dampak jangka panjang. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat mempertahankan minat konsumen setelah gimmick diluncurkan. Apakah ada unsur keberlanjutan atau follow-up yang dapat mempertahankan hubungan dengan konsumen?

 

  • Evaluasi dan Pelajari Respons Konsumen

Setelah meluncurkan gimmick marketing, pantau dan evaluasi respons konsumen secara aktif. Gunakan analisis data untuk mengukur sejauh mana kampanye mencapai tujuan Anda. Pelajari feedback konsumen dan terapkan pembelajaran tersebut pada kampanye berikutnya.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menyusun gimmick marketing yang tidak hanya menciptakan kejutan tetapi juga memberikan nilai tambah bagi merek Anda. Ingatlah bahwa inovasi dan keberanian adalah kunci utama dalam menciptakan gimmick marketing yang benar-benar memikat.

 

Baca Juga: 20 Prinsip Dasar Bisnis yang Wajib Anda Terapkan, Dijamin Sukses!

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam proyek-proyek properti yang menjanjikan dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang aman dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

270 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
53 Suka