13 October 2022
2 menit baca

Developer Properti, Profesi Keren yang Harus Menempuh Banyak Proses?

2 menit baca

 

Jika mendengar profesi developer properti pasti membuat masyarakat terkesan. Tak hanya terdengar keren, bisnis developer properti juga dinilai cukup kompleks lho! Developer properti sendiri merupakan bisa berupa perusahaan atau perorangan, yang membuat perumahan. Developer memiliki tugas untuk melakukan segala aktivitas pembangunan perumahan. Mulai dari pembelian tanah, pembangunan, hingga pemasaran proyek tersebut ke publik.

 

Profit yang menggiurkan membuat banyak orang bermimpi untuk menjadi seorang developer properti. Namun sebenarnya seperti apa proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang developer properti khususnya developer perumahan/real estate?

 

Baca juga: Mengenal Sosok Pengusaha Properti Sukses

 

Memiliki ilmu yang mumpuni sebelum memulai

Perlu diketahui, untuk menjadi developer kamu harus memahami A-Z setiap hal yang berkaitan dengan properti. Maka, untuk menjadi developer kamu harus memiliki bekal yang matang untuk dapat berkarir. Mulai dari mengikuti training hingga mendapatkan sertifikasi perlu kamu lalui untuk menjadi developer properti yang sukses

 

Survey lahan

Setelah ilmu developer telah kamu kuasai, langkah pertama untuk memulai sebagai developer kamu harus memiliki lahan yang memiliki potensi bagus untuk dibangun. Pemilihan lahan juga tidak bisa sembarangan. Banyak elemen yang harus kamu pahami saat survey lahan, mulai dari lokasi, naik-turun harga, pembangunan di sekitar lahan dan masih banyak lainnya.

 

Tak hanya itu, kamu juga harus menganalisa lahan yang kamu pilih seperti kontur tanah apakah memiliki kontur yang tepat dengan tipe bangunan yang akan dibangun

 

Legalitas & Perizinan

Proses yang satu ini juga menjadi proses yang tidak mudah dan memakan cukup banyak waktu kamu sebagai developer. Kamu harus memastikan lahan yang dibeli memiliki kondisi legalitas yang jelas. Tentunya kamu tidak ingin dong kalau sertifikat tanah yang dibeli bermasalah di kemudian hari?

 

Tak selesai sampai disitu, kamu harus melalui berbagai tahap perizinan untuk membangun perumahan seperti Ijin Prinsip, Ijin Lokasi, Pengesahan Siteplan hingga Izin Mendirikan Bangunan.

 

Baca juga: Keuntungan Investasi di Bisnis Properti

 

Analisa dan membuat strategi pemasaran

Tak hanya segi pembangunan yang diperhatikan, sebagai developer properti kamu juga wajib memahami betul target pasar dan sebesar apa target pasar yang dituju melalui proses analisa pasar. Dari situ kamu kemudian harus menyusun strategi pemasaran yang tepat sesuai target pasar yang ditentukan. Memastikan antara kualitas properti dan harga sesuai dengan target pasar.

 

 

Itu hanya gambaran singkat proses yang harus kamu lalui untuk menjadi developer properti. Untuk dapat menjadi developer profesional tentunya kamu harus banyak mengerahkan waktu, pikiran dan juga biaya yang tidak sedikit. Bagi kamu yang ingin mengawali dan merasakan bagaimana dunia developer properti, kamu dapat memulai dari hal kecil terlebih dahulu seperti berinvestasi pada bisnis properti yang kini tengah dibuka melalui Bizhare yakni bisnis Parahyangan Green Resort yang berlokasi di Sukabumi. Kunjungi bit.ly/bizharepgr untuk info selengkapnya

 

105 Reads
Author: Bizhare Editor
21 Suka