01 March 2024
4 menit baca

10 Cara Memilih Bisnis yang Tepat untuk Pemula

4 menit baca

Cara Memilih Bisnis pemula

 

Memulai bisnis bisa menjadi langkah besar dalam hidup, terutama bagi pemula yang ingin mencoba dunia kewirausahaan. Namun, tidak semua bisnis cocok untuk semua orang. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan jenis bisnis yang akan dijalankan. Berikut adalah beberapa cara memilih bisnis yang tepat untuk pemula.

 

  • Pilihlah Sesuai dengan Passion

 

Memilih bisnis yang sesuai dengan passion atau minat Anda adalah langkah penting. Ketika Anda menjalankan bisnis yang sesuai dengan apa yang Anda sukai, Anda akan lebih termotivasi untuk bekerja keras dan mengatasi setiap tantangan yang ada. Misalnya, jika Anda menyukai masakan, memulai bisnis kuliner bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Baca Juga: 10 Cara Mengelola Keuangan Bisnis atau Perusahaan agar Tetap Stabil

 

  • Pelajari Pasar dan Persaingan

 

Lakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Anda perlu tahu apakah ada permintaan yang cukup besar untuk produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Selain itu, perhatikan juga persaingan yang ada. Pilihlah bisnis yang memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan persaingan yang tidak terlalu ketat.

 

  • Perhitungkan Modal Awal

 

Tentukan modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis. Modal awal bisa berbeda-beda tergantung pada jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai modal awal yang terlalu besar membuat Anda terlilit hutang.

 

Baca Juga: 10 Cara Menarik dan Meyakinkan Investor, Langsung Dapat Modal!

 

  • Perhatikan Potensi Keuntungan

 

Perhatikan potensi keuntungan yang dapat Anda peroleh dari bisnis yang akan dijalankan. Tentu saja, Anda ingin memilih bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Namun, pastikan potensi keuntungan tersebut realistis dan sesuai dengan pasar yang Anda targetkan.

 

  • Pilihlah Bisnis yang Mudah Dikelola

 

Pilihlah bisnis yang mudah dikelola, terutama bagi pemula. Hindari bisnis yang membutuhkan pengetahuan atau keterampilan khusus yang Anda tidak miliki. Misalnya, jika Anda tidak memiliki latar belakang dalam bidang teknologi, memulai bisnis teknologi mungkin bukan pilihan yang tepat.

 

  • Pertimbangkan Risiko

 

Setiap bisnis memiliki risiko, mulai dari risiko keuangan hingga risiko reputasi. Penting untuk mempertimbangkan risiko-risiko tersebut sebelum memutuskan jenis bisnis yang akan dijalankan. Pilihlah bisnis yang risikonya dapat dikelola dengan baik dan sesuai dengan toleransi risiko Anda.

 

  • Cari Mentor atau Pendamping

 

Memiliki mentor atau pendamping dalam menjalankan bisnis dapat memberikan banyak manfaat. Mentor atau pendamping dapat memberikan panduan, saran, dan pengalaman berharga yang dapat membantu Anda menghindari kesalahan yang umum dilakukan oleh pemula. Mereka juga dapat membantu Anda mengembangkan jaringan dan mengatasi tantangan yang mungkin Anda hadapi.

 

  • Perhatikan Lokasi dan Aksesibilitas

 

Jika bisnis Anda membutuhkan lokasi fisik, perhatikan lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh konsumen potensial. Lokasi yang baik dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan memudahkan konsumen untuk mengunjungi tempat Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

  • Lakukan Uji Coba

 

Sebelum benar-benar memulai bisnis, lakukanlah uji coba terlebih dahulu. Uji coba dapat membantu Anda memahami lebih dalam tentang bisnis yang akan dijalankan, serta mengetahui potensi kesuksesan bisnis tersebut. Uji coba juga dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan bisnis sebelum meluncurkannya secara resmi.

 

  • Jangan Takut Gagal

 

Gagal adalah bagian dari proses belajar. Jangan biarkan ketakutan akan kegagalan menghambat langkah Anda untuk memulai bisnis. Yang terpenting adalah Anda belajar dari setiap kegagalan dan terus maju. Jadikan setiap kegagalan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan menjadi lebih baik dalam menjalankan bisnis Anda.

 

Baca Juga: 12 Tips Mengatasi Kegagalan dalam Menjalankan Bisnis

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Memilih bisnis yang tepat memang tidak mudah, namun dengan pertimbangan yang matang dan sikap yang positif, Anda dapat menemukan bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih bisnis yang tepat untuk pemula.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

154 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
26 Suka