08 March 2024
3 menit baca

Berita Acara Serah Terima Barang: Pengertian & Cara Membuatnya

3 menit baca

Berita Acara Serah Terima Barang

 

Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB) adalah dokumen yang harus ada dalam setiap bisnis. Dokumen ini memainkan peran kunci dalam manajemen logistik, memastikan transparansi dan akurasi dalam perpindahan barang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya BASTB dan langkah-langkah terkait untuk memastikan kelancaran serah terima barang.

 

Apa itu Berita Acara Serah Terima Barang?

 

Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB) adalah dokumen resmi yang mencatat secara rinci proses penerimaan barang antara pihak penyerah dan pihak penerima. Dokumen ini memiliki peran penting dalam menjaga transparansi dan keakuratan dalam perpindahan barang, serta memberikan dasar hukum yang kuat dalam penanganan potensi sengketa terkait barang atau jumlah yang diterima. 

 

BAST memiliki landasan hukum yang telah diatur oleh Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa setelah seluruh pekerjaan selesai, proses penyerahan dan penerimaan barang atau jasa harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam kontrak.

 

Berita acara merupakan bukti tertulis yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan di mata hukum. Oleh karena itu, dokumen tersebut harus disusun sesuai dengan format yang ditentukan dan ditandatangani oleh semua pihak yang terlibat.

 

Baca Juga: CDO (Cease and Desist Order): Pengertian, Jenis, & Contohnya

 

Pentingnya Berita Acara Serah Terima Barang

 

Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB) memiliki peran krusial dalam dunia bisnis dan manajemen logistik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa BASTB sangat penting:

 

  • Dasar Hukum yang Kuat

BASTB memberikan dasar hukum yang kuat untuk setiap transaksi serah terima barang. Dengan adanya dokumen ini, perusahaan memiliki landasan yang jelas dalam menangani potensi sengketa atau perbedaan persepsi terkait dengan barang atau jasa yang diserahkan.

 

  • Transparansi dan Akuntabilitas

Dokumen ini menciptakan transparansi dalam proses serah terima, memastikan bahwa semua pihak terlibat mengetahui dan memahami kondisi barang yang dipindahkan. Ini juga meningkatkan tingkat akuntabilitas di antara pihak-pihak yang terlibat.

 

  • Pencegahan Kecurangan

BASTB berfungsi sebagai alat pencegah kecurangan. Dengan mencatat dengan rinci kondisi barang, jumlahnya, dan persetujuan dari pihak yang terlibat, dokumen ini menjadi bukti yang kuat dalam menghindari praktik-praktik tidak jujur.

 

  • Manajemen Stok yang Efisien

Dokumen ini membantu dalam manajemen stok dengan memberikan informasi yang akurat tentang barang yang diterima. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan dengan lebih efisien, menghindari kelebihan atau kekurangan stok.

 

  • Referensi untuk Audit dan Pelacakan

BASTB dapat digunakan sebagai referensi penting dalam proses audit dan pelacakan. Dokumen ini memberikan jejak yang jelas tentang asal-usul dan kondisi barang, memudahkan identifikasi masalah atau perbaikan di masa depan.

 

  • Ketentuan Kontrak yang Terpenuhi

Dengan memastikan serah terima barang sesuai dengan ketentuan kontrak, BASTB membantu memastikan bahwa semua kewajiban dan hak yang diatur dalam perjanjian bisnis terpenuhi dengan baik.

 

Baca Juga: Apa itu Hilirisasi? Ini Pengertian, Contoh, & Manfaatnya

 

Cara Membuat Berita Acara Serah Terima Barang

 

Berita Acara Serah Terima Barang (BASTB) merupakan dokumen penting yang mencatat dengan rinci proses penerimaan barang. Untuk memastikan kelancaran dan keakuratan dalam pembuatan BASTB, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

 

  • Persiapkan Dokumen Pendukung

Sebelum memulai proses serah terima, pastikan semua dokumen pendukung, seperti pesanan pembelian, faktur, dan kontrak, telah disiapkan dengan baik. Pastikan informasi yang tertera jelas dan sesuai.

 

  • Pemeriksaan Fisik Barang

Lakukan pemeriksaan fisik barang yang diterima. Pastikan mencatat kondisi barang, jumlahnya, dan pastikan sesuai dengan yang tercantum dalam dokumen pendukung. Foto barang juga dapat menjadi referensi yang berguna.

 

  • Verifikasi Dokumen

Verifikasi dokumen pesanan pembelian, faktur, dan kontrak dengan barang yang diterima. Pastikan konsistensi antara informasi yang tertera dalam dokumen dan kondisi barang yang sebenarnya.

 

  • Penandatanganan Berita Acara

Setelah verifikasi selesai, pihak yang menyerahkan dan pihak yang menerima barang harus menandatangani BASTB. Pastikan semua pihak yang terlibat dalam proses serah terima ikut menandatanganinya.

 

  • Pengarsipan Dokumen

Simpan BASTB dan dokumen pendukung dengan aman. Pengarsipan yang baik sangat penting untuk referensi di masa depan, penyelesaian sengketa, atau kebutuhan audit.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan (PPh) & Simulasinya

 

Berita Acara Serah Terima Barang adalah bagian integral dari manajemen logistik yang efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, perusahaan dapat memastikan transparansi, keakuratan, dan efisiensi dalam proses serah terima barang. Hal ini tidak hanya membantu dalam pencegahan masalah logistik, tetapi juga menciptakan dasar yang kuat untuk kerjasama bisnis yang berkelanjutan.

524 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
58 Suka