11 January 2023
3 menit baca

Kenalan dengan Konsep Time Value of Money untuk Melek Investasi

3 menit baca

Pengertian Time Value of Money

 

Sadar tidak sadar, nilai uang kini lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada 1965 harga BBM dipatok dengan harga Rp 0,3, namun saat ini perlu beberapa ribu untuk memperoleh 1 liter bahan bakar, seperti pertalite dan pertamax di stasiun pengisian bahan bakar. Kondisi tersebut dinamakan dengan konsep time value of money, artinya nilai nominal uang berubah dari waktu ke waktu. 

 

Konsep dari Time Value of money

Time value of money dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu uang, hal ini jadi konsep dasar dalam keuangan yang merupakan perubahan nilai uang yang berdasar kepada waktu. Time value of money memiliki rumus perhitungan keuangan, salah satu yang cukup populer adalah perhitungan nilai uang sekarang (present value). Berikut penjelasannya:

 

Present Value (Nilai Uang Sekarang)

Nilai uang sekarang adalah nilai nominal sejumlah uang yang dimiliki saat ini, bisa dibungakan untuk raih jumlah uang yang lebih besar pada masa depan. Rumus kalkulasi present value-nya adalah:

Pv = Fv / (1 + i) n

 

Keterangan:

Pv = present value (nilai uang sekarang)

n = jumlah tahun

Fv = future value (nilai uang masa depan) di tahun ke-n

i = interest (tingkat suku bunga)

 

Contoh Time Value of Money dalam Kehidupan Sehari-hari

Bila Anda hendak menabung uang di bank dengan tujuan mendapatkan nominal Rp 10 juta dalam waktu dua tahun dengan tingkat suku bunga yang didapatkan sebesar 10%, maka penghitungan present value untuk mengetahui berapa uang yang harus Anda sisihkan di tabungan adalah:

 

Pv = Fv / (1 + i) n

Pv = Rp 10.000.000 / (1 + 0,10) 2

Pv = Rp 10.000.000 / (1,21)

Pv = Rp 8.264.463

 

Jadi, agar Anda memiliki uang Rp 10 juta di bank dalam 2 tahun kedepan, Anda harus memiliki modal sebesar Rp 8.264.463. Nilai uang tersebut harus Anda miliki saat ini. Namun, seperti kita ketahui umumnya suku bunga bisa berubah-ubah mengikuti suku bunga acuan, jadi Anda perlu mengevaluasi tabungan yang Anda miliki secara berkala agar target keuangan bisa tercapai. 

 

Manfaat dari Konsep Nilai Waktu Uang

Lantas apa manfaat konsep time value of money ini? Pada dasarnya time value of money adalah berhubungan dengan pengelolaan uang yang efektif dan efisien. Di sini, uang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran saja, melainkan juga memiliki nilai lebih dalam melakukan perencanaan di masa depan. Sehingga manfaat time value of money adalah dijelaskan sebagai berikut.

 

Manfaat Time Value of Money Bagi Investor

Time value of money juga bermanfaat bagi investor. Hubungan investasi dengan nilai waktu uang adalah adanya konsep ini dapat membantu seorang investor dalam menganalisis apakah suatu investasi berpotensi menguntungkan atau tidak.

 

Sehingga mereka mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memanfaatkan uangnya. Selain itu time value of money adalah sesuatu yang bisa dijadikan referensi mereka dalam memperhitungkan opsi mana yang terbaik dan menguntungkan berdasarkan minat, inflasi, risiko, dan return-nya.

 

Manfaat Time Value of Money untuk Perusahaan

Time value of money berperan dalam penganggaran perusahaan. Seperti yang kita tahu bahwa kegiatan perusahaan tak hanya sebatas produksi, melainkan juga diperlukan adanya inovasi serta pengembangan produk juga. Maka dari itu, memerlukan informasi terkait nilai waktu uang, guna menganalisis apakah inovasi yang dilakukan akan menguntungkan atau justru merugikan.

 

Pada akhirnya, manfaat dari konsep nilai waktu dari uang adalah bisa digunakan untuk membuat keputusan keuangan jangka panjang yang strategis, seperti apakah akan berinvestasi dalam suatu proyek atau urutan arus kas mana yang paling menguntungkan.

 

Melalui artikel ini, semoga sekarang Anda memahami bahwa nilai uang saat ini akan lebih berharga dibandingkan beberapa tahun mendatang dengan nominal yang sama, jadi Anda bisa menyusun strategi agar Anda “tidak” kehilangan uang di masa depan dengan mengalokasikan uang Anda ke investasi yang tepat.

91 Reads
Author: Whisnu Kristianto
15 Suka