04 November 2022
3 menit baca

Bersiap dengan Segala Keuntungan dan Resiko Investasi

3 menit baca

 

Hi Bizharian!

 

Bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga senantiasa sehat dan semakin baik ya setiap harinya! Oiya, sebenarnya Bizhare secara khusus membuat artikel ini untuk kamu yang baru saja menyelesaikan verifikasi dan melengkapi profil akun Bizhare, sepertinya kamu siap untuk memulai investasi di Bizhare dalam waktu dekat ya? 

 

Terima kasih lho atas kepercayaan kamu kepada Bizhare sebagai wadah untuk memulai investasi bisnis yang akan kamu lakukan. 

 

Pentingnya Berinvestasi

Sebelum membahas tentang keuntungan dan resiko investasi, Bizhare hanya mau bilang bahwa kamu telah melakukan langkah yang tepat dengan mendaftar, verifikasi, dan lengkapi profil akun Bizhare, karena hal tersebut menandakan bahwa kamu ingin berkembang secara finansial. 

 

Investasi merupakan aktivitas penanaman modal dimana kamu berharap akan mendapatkan imbal hasil dari penanaman modal tersebut. Investasi penting dilakukan untuk menyiapkan kebutuhan dan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Jadi, tujuan investasi bisa berupa membeli rumah impian, liburan, naik haji, modal pernikahan, dan sebagainya. 

 

Berinvestasi di Bizhare

Investasi dilakukan dengan membeli sebuah aset atau benda yang kamu percaya di masa depan bisa mendatangkan keuntungan. Sebagai platform Securities Crowdfunding, Bizhare mewadahi berbagai bisnis terbaik untuk memperoleh pendanaan dengan penawaran Efek seperti Saham dan Sukuk. 

 

Efek Saham

Saham merupakan instrumen investasi atas dasar berbagi kepemilikan perusahaan atau bisnis, jadi tergolong efek bersifat Ekuitas. Saham memiliki sistem pembagian keuntungan melalui dividen sesuai porsi kepemilikan investor. 

 

Investor yang memiliki saham bisa disebut sebagai pemegang saham ataupun pemilik bisnis, karena dengan memiliki saham artinya kamu juga ikut memiliki bisnisnya. 

 

Tapi, sebelum kamu berinvestasi di Saham, Bizhare ingin mengingatkan bahwa Saham di Securities Crowdfunding ini berbeda ya dengan Saham yang ada di Bursa Efek Indonesia, Saham bisnis UMKM di SCF ini lebih berfokus pada dividend investing, untuk menghasilkan passive income, dibandingkan capital gain atau trading seperti di Bursa.

 

Efek Sukuk

Sukuk (Obligasi Syariah) merupakan surat berharga yang hampir sama seperti Obligasi, namun sistem pembiayaan dan pendanaannya sesuai dengan hukum syariat Islam yang berlaku. Produk Sukuk ini memiliki berbagai macam Akad Syariah seperti Mudharabah, Murabahah, dan lainnya, yang yang bertujuan untuk membiayai sebuah proyek atau operasional bisnis perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

 

Sukuk dapat diterbitkan dengan landasan properti/kontrak/PO/Invoice dan wajib mendapatkan Opini Syariah dari Tim Ahli Syariah yang telah memiliki izin Ahli Syariah Pasar Modal/ ASPM dan juga direkomendasikan oleh Majelis Ulama Indonesia/ MUI

 

Bagaimana Smart Investor? Sudah paham dong tentunya dengan Efek yang ada di Securities Crowdfunding, terutama di Bizhare? Nah, sebelum kamu ingin benar-benar berinvestasi, Bizhare juga ingin menjelaskan tentang Proposal. Jadi, ketika kamu ingin mendanai sebuah bisnis di Bizhare kamu bisa baca secara detail Proposal dari bisnis tersebut, pasti kamu penasaran kan apa itu Proposal? Simak artikel ini sampai habis ya!

 

Proposal Bisnis

Proposal ini merupakan Sebuah dokumen yang berisi seluk beluk perusahaan Penerbit dan laporan keuangan tahunan bisnis. Jadi, kamu bisa melihat layak atau tidaknya sebuah bisnis untuk kamu investasikan melalui dokumen ini. Jadi, sangat penting ya untuk kamu baca dan pahami proposal ini sebelum berinvestasi.

 

Bizhare juga ingin menginformasikan bahwa dalam bisnis/usaha, ada resiko yang dapat terjadi seperti permintaan pasar yang berubah, munculnya kompetitor sejenis, performa bisnis yang belum maksimal, hingga resiko kebangkrutan dalam bisnis.    

 

Walaupun Bizhare sebagai platform juga membantu untuk memitigasi dan meminimalisir resiko-resiko tadi dengan berbagai upaya, seperti melakukan standar kelayakan bisnis secara profesional, menganalisis trend bisnis dan rekam jejak bisnis maupun penerbit. hingga bekerjasama dengan pengelola bisnis atau brand yang terkemuka sehingga meningkatkan potensi keberhasilan, namun kamu juga harus memiliki mindset bahwa membeli efek di Securities Crowdfunding juga memiliki resiko seperti ketika kamu berinvestasi di aset atau instrumen investasi lainnya. 

 

Bizhare berharap melalui artikel ini kamu bisa memulai dan berkomitmen untuk menganalisis sebelum berinvestasi supaya keuntungan yang kamu harapkan di masa depan bisa terealisasi.

 

Oiya, kalau kamu ingin berinvestasi, bisa langsung klik link ini ya!

 

Selamat berinvestasi, Bizharian!

409 Reads
Author: Whisnu Kristianto
321 Suka