09 January 2023
3 menit baca

Bukan Hanya Tampilan Baru, Rebranding Bizhare Juga Tentang Value

3 menit baca

Bizhare melakukan rebranding

 

Hi Bizharian!

 

Tidak terasa, lebih dari 4 tahun Bizhare hadir di Indonesia bagi Anda para investor tercinta yang memiliki keinginan untuk bebas finansial, maupun bagi Anda pemilik bisnis UMKM yang ingin mengakselerasi perkembangan bisnis melalui akses permodalan. Mulai hari ini, Bizhare akan hadir dengan tampilan dan wajah baru kepada Anda semua!

 

Sejarah Berdirinya Bizhare

Flashback sedikit, di tahun 2017 Bizhare dimulai dari ide seorang anak muda berusia 23 tahun yang memiliki misi untuk membantu lebih banyak masyarakat di Indonesia untuk bebas secara finansial, beliau bertemu dengan rekan-rekannya dalam acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Jakarta. 

 

Ya, anak muda tersebut adalah Heinrich Vincent, CEO dan Founders Bizhare, memberanikan diri untuk maju ke hadapan 200 orang yang hadir pada acara Networking 1000 Startup Digital dari KOMINFO. Dalam presentasi yang sangat singkat yaitu 30 detik, Ia mencoba menggambarkan besarnya masalah pendanaan yang ada di UMKM dimana lebih dari 50% dari total 65 Juta UMKM di Indonesia terkendala di permodalan. 

 

Dari awal Bizhare berdiri, waktu itu belum ada peraturan tentang Equity dan Securities Crowdfunding. Perjuangan Bizhare berlanjut dengan pencatatan diri ke OJK, karena dari awal berdiri, Bizhare ingin compy terhadap peraturan yang ada. Dimana pada waktu itu belum ada peraturan tentang Equity/Securities Crowdfunding ini. 

 

Pada saat itu, Heinrich Vincent dan tim segera berkonsultasi dengan OJK di bagian divisi inovasi keuangan digital yang pada waktu itu belum lama dibuat dan diluncurkan oleh OJK. Kami akhirnya melengkapi berbagai persyaratan pencatatan di OJK sambil mulai melakukan mendevelop platform Bizhare.

 

Singkat cerita, regulasi tersebut akhirnya disahkan pada akhir tahun 2018 menjadi POJK no 37 tahun 2018 tentang Equity Crowdfunding, yang kemudian diperluas menjadi POJK no 57 tahun 2020 tentang Securities Crowdfunding. Bizhare sendiri telah berizin OJK sejak 6 November 2019 sebagai penyelenggara Equity Crowdfunding dan menjadi yang pertama berhasil memperluas izin menjadi Securities Crowdfunding pada tanggal 23 Agustus 2021. The rest, kini Bizhare sudah dipercaya lebih dari 300 ribu investor termasuk Anda!

 

Rebranding Bizhare

Seperti manusia yang semakin hari semakin tumbuh dewasa, Bizhare juga kini semakin berkembang, bahkan memiliki karakter, prinsip, dan value yang semakin kuat. Atas alasan itulah Bizhare melakukan rebranding, dengan wajah baru, warna biru yang cerah, dengan peran yang semakin luas bagi para investor maupun UMKM, dengan komitmen yang semakin kuat untuk hadir bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

 

Securities Crowdfunding

Di tahun 2021 Bizhare telah bertransformasi dan diperluas perannya sehingga bisa menerbitkan Efek seperti Obligasi dan Sukuk. Perluasan izin dari Otoritas Jasa Keuangan ini menandakan Bizhare telah bertumbuh semakin matang untuk menjadi platform kepercayaan investor untuk berinvestasi.

 

Peran Membantu UMKM

Selagi Bizhare masih menjadi platform Equity Crowdfunding, bisnis yang bisa listing hanyalah badan usaha dalam bentuk PT. Setelah menjadi Securities Crowdfunding, Bizhare membuka kesempatan akses permodalan pada bisnis UMKM dengan badan usaha CV. Hal ini merupakan harapan pemerintah, khususnya otoritas terkait bagi Bizhare lebih terlibat berkontribusi banyak pada bisnis UMKM di Indonesia. 

 

Beragam Pilihan Efek 

Masih berkaitan dengan peran Bizhare sebagai Securities Crowdfunding, awalnya investor hanya bisa berinvestasi pada Efek yang bersifat Ekuitas seperti Saham saja dikarenakan memang Bizhare masih Equity Crowdfunding. Lalu, dari Agustus 2021 hingga saat ini investor Bizhare bisa berinvestasi pada Efek Sukuk. Tentu, hal ini menguntungkan bagi investor karena bisa diversifikasi Efek saat berinvestasi melalui Bizhare.

 

Upgrade Fitur Tiada Henti

Sejak pertama hadir di 2017, Bizhare mengutamakan MVP atau fitur utama pada Bizhare dengan sistem bernama Bizhare Base atau Bizhare 1.0. Pada waktu itu investasi melalui Bizhare masih melalui web saja.  Lalu, di 2021 Bizhare resmi merilis aplikasi untuk semakin mempermudah investor dalam berinvestasi. 

 

Pada Bizhare application 1.0 terdapat perubahan user flow dan tampilan di berbagai fitur utama mulai dari registrasi hingga penarikan saldo serta penerapan SSO untuk mempermudah pengalaman pengguna dan lebih terintegrasi dengan sistem lain. Kini, Bizhare telah meng-upgrade berbagai sistem pada aplikasi dengan teknologi terbaru bagi pengguna Android dan juga iOS, optimasi tampilan dan user flow, serta menambahkan fitur keamanan baru untuk aplikasi. 

 

Rebranding tampilan baru ini, juga menjadi bagian dari continuous improvement Bizhare yang menjadi salah satu value bagi kemudahan investor. Kedepan, tentu akan ada lagi fitur-fitur serta program menarik yang akan Bizhare hadirkan. Maka dari itu, dengan perjalanan panjang ini, Bizhare sangat berterima kasih pada Anda karena telah menjadi bagian dari keluarga Bizhare untuk meraih tujuan keuangan yang Anda inginkan! 

 

Bagi para UMKM, Bizhare juga ingin berterima kasih karena sudah memiliki kepercayaan kepada platform Bizhare untuk menjadi bagian dari akselerasi bisnis melalui akses permodalan. Bila melihat kembali ke titik bagaimana Bizhare mulai berdiri, Bizhare bahagia sekali sudah dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia, Anda semua! Tanpa Anda para investor dan pebisnis UMKM, dampak dan value Bizhare tidak akan selengkap seperti saat ini!

251 Reads
Author: Whisnu Kristianto
Tags:
21 Suka