11 January 2023
3 menit baca

Keuntungan Bisnis Waralaba yang Wajib Anda Ketahui!

3 menit baca

Keuntungan dari Bisnis Waralaba

 

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara juga untuk memulai usaha. Salah satu skema yang banyak dipilih untuk memulai bisnis atau usaha adalah dengan membuka bisnis waralaba, sebab bisnis waralaba menawarkan banyak keuntungan terutama bagi Anda yang baru ingin masuk ke dunia bisnis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) waralaba atau bisnis waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha, dengan metode bagi hasil sesuai kesepakatan yang ada.

 

Pihak dalam Bisnis Waralaba

Bila Anda ingin membuka bisnis waralaba, Anda harus tahu siapa saja pihak yang terlibat dengan Anda. Ada dua (2) pihak yang terlibat dalam bisnis waralaba, yaitu Franchisor dan Franchise. Di bawah ini, Bizhare akan menjelaskan siapa dan apa peran masing-masing pihak tersebut, simak artikelnya sampai selesai ya!

 

Pemilik Bisnis atau Brand

Pemilik bisnis atau pihak yang memberi waralaba disebut sebagai franchisor dan bertindak sebagai pemberi waralaba. Pemilik bisnis biasanya mencantumkan dan menginformasikan kepada Anda tentang semua syarat dan ketentuan agar Anda bisa manjalankan bisnis waralabanya. 

 

Pihak yang Ingin Membeli Waralaba

Franchisee adalah orang yang menerima waralaba. Secara sederhana, Anda sebagai pewaralaba mendirikan usaha dengan merek dagang yang sudah ada, jadi konsumen sudah mengenal merek itu. Selain merek dagang, Anda pewaralaba juga mendapat keuntungan lainnya seperti dukungan sistem bisnis, pelatihan, hingga suplai produksi.

 

Keuntungan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba umumnya bukan dirintis dari awal, Anda tinggal melanjutkan apa yang brand berikan, mulai dari ilmu, nama,alat , sistem produksi, dan pedoman operasional. Tentu, ini merupakan bagian dari keuntungan bisnis waralaba, tentu Bizhare akan jelaskan satu per satu keuntungan dari bisnis waralaba secara lebih detail di bawah ini!

 

Resiko yang Rendah

Pertama mulai dari risiko gagal usaha yang bisa diminimalisir, karena serupa dengan bisnis pemilik pemegang hak merek. Saat Anda membuka bisnis waralaba, maka sudah ada sistem yang siap dan matang.

 

Hal ini bisa berdampak pada penghematan, sehingga seorang franchisee bisa hemat biaya karena sudah berkaca dari pemilik bisnis sebelumnya serta sudah ada manajemen pengelolaan.

 

Merek Sudah Dikenal

Bila Anda menggunakan merek atau brand bisnis waralaba maka bisnis Anda sudah dikenal, tak perlu lagi merintis dari awal dan memutar otak nama brand perusahaan Anda. Tidak perlu repot branding atau iklan sendiri karena ada iklan dari grup, dan media promosi yang gratis.

 

Lebih Cepat Menghasilkan Income

Memang tidak ada janji pasti tentang omzet maupun revenue dari pemilik bisnis waralaba, tapi melalui bisnis waralaba membuat Anda lebih cepat dalam memulai bisnis, alhasil cepat dapat potensi keuntungan juga. Biasanya, Anda juga akan memperoleh pengawasan dan konsultasi dari pemilik bisnis yang sudah berkecimpung lebih dulu seandainya penghasilan bisnis tidak memuaskan. 

 

Manajemen Keuangan

Ketika memulai bisnis waralaba, Anda sudah mendapatkan sistem keuangan. Bahkan, ada bantuan program pemasaran juga untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, standarisasi harga produk dan sistem penjualan membuat Anda tidak akan pusing dengan urusan finansial seperti memulai bisnis yang baru dibangun. 

 

Kekurangan Bisnis Waralaba

Dalam menjalankannya seseorang juga harus melihat faktor resiko dan juga kekurangan dari jenis bisnis yang dijalankan. Anda perlu menyimak beberapa kekurangannya waralaba, karena tidak ada bisnis yang 100 persen berjalan dengan mudah dan lancar, jadi ini beberapa hal yang bisa jadi catatan Anda bisa memimbang appa kekurangan dan keuntungan waralaba sebelum memulainya.

 

Kendali Penuh dari Franchisor

Jadi jika Anda ingin menjalankan bisnis sesuai dengan cara Anda, maka tidak cocok dengan bisnis waralaba. Hal itu dikarenakan sudah adanya sistem pakem yang seragam kepada semua franchisee. Kemungkinannya sangat kecil jika Anda ingin berinovasi dan merubah produk.

 

Supplier Barang atau Bahan Baku Produk Tunggal

Supplier kebutuhan operasional pada bisnis waralaba akan disediakan oleh franchisor dan sudah tertuang dalam perjanjian kontrak usaha. Jika pilihan Anda ingin mencari supplier dengan harga barang yang lebih terjangkau, bisnis waralaba tidak memberi Anda kesempatan akan hal itu.

 

Reputasi Bisnis yang Mudah Terpengaruh

Dengan banyaknya mitra di suatu merek dagang, maka reputasi waralaba jadi satu kesatuan. Dikarenakan brand yang digunakan sama, maka pengaruhnya akan besar. Jadi jika ada masalah dari pihak pemilik waralaba atau mitra lain, maka bisnis Anda juga bisa terpengaruh.

 

Perlu Banyak Biaya

Pemilik brand umumnya akan menerapkan sistem fee kepada mitra usahanya, mulai dari pembayaran kemitraan di awal, serta membayar biaya lain seperti pelatihan atau dukungan. Bahkan, beberapa bisnis waralaba ada yang mengenakan royalty fee secara berkala kepada pembeli bisnis waralaba. 

 

Jadi, itu adalah sejumlah penjelasan terkait keuntungan franchise bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis waralaba. Semoga artikel ini dapat memberikan kepada Anda sedikit insight yang bisa di-noted bila Anda ingin menjalankan bisnis waralaba, termasuk mempertimbangkan semua keuntungan dan kekurangannya agar Anda bisa mengantisipasi terlebih dahulu risiko sebelum memulai suatu bisnis.

 

Semoga bermanfaat ya Bizharian!

149 Reads
Author: Whisnu Kristianto
13 Suka