01 April 2024
4 menit baca

Jenis-jenis Modal Usaha untuk Kebutuhan Bisnis

4 menit baca

jenis modal usaha

 

Modal usaha merupakan salah satu hal yang penting untuk memulai bisnis. Tanpa modal yang cukup, bisnis bisa kesulitan untuk berkembang. Ada beberapa jenis modal usaha yang perlu diketahui oleh para calon pengusaha. Berikut ulasan lengkapnya!

 

Apa Itu Modal Usaha?

 

Modal usaha adalah sejumlah dana atau nilai ekonomis lainnya yang diperlukan untuk memulai atau mengembangkan suatu bisnis. Modal usaha sangat penting karena menjadi landasan bagi operasional bisnis, termasuk untuk membeli bahan baku, membayar biaya operasional, menggaji karyawan, dan keperluan bisnis lainnya.

 

Modal usaha dapat berasal dari berbagai sumber, seperti tabungan pribadi, pinjaman dari bank atau lembaga keuangan, investasi dari mitra bisnis, atau bahkan warisan dari keluarga. Modal usaha juga bisa berupa aset non-keuangan, seperti pengetahuan, keterampilan, dan jaringan bisnis yang dimiliki oleh pengusaha.

 

Penting untuk diperhatikan bahwa pengelolaan modal usaha harus dilakukan dengan bijak. Pengusaha perlu membuat perencanaan keuangan yang matang, menghitung dengan cermat berapa modal yang diperlukan, dan memastikan modal tersebut digunakan secara efisien untuk keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis.

 

Baca Juga: Perlu Modal Usaha? Simak 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Berikut ini!

 

Jenis-jenis Modal Usaha

 

Modal usaha merupakan salah satu hal yang penting untuk memulai bisnis. Tanpa modal yang cukup, bisnis bisa kesulitan untuk berkembang. Ada beberapa jenis modal usaha yang perlu diketahui oleh para calon pengusaha. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Modal Perseorangan

Modal perseorangan atau modal internal adalah modal yang berasal dari individu. Modal ini digunakan sebagai alat untuk mengembangkan usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan serta mempermudah seluruh aktivitas usaha atau bisnis yang dikelola. Contohnya, modal perseorangan dapat berupa investasi saham, gedung, tanah, kendaraan, peralatan usaha, dan lain-lain.

 

  • Modal Sosial

Modal sosial merupakan salah satu jenis modal yang dikumpulkan melalui sekelompok golongan sebagai dana yang digunakan untuk memberikan keuntungan bagi seluruh penghimpunnya. Modal sosial biasanya digunakan untuk kepentingan bersama golongan tertentu untuk membantu operasional pekerjaan. Contohnya, modal sosial dikumpulkan oleh masyarakat pasar untuk memperbaiki jalan, jembatan, hingga keadaan atau kebersihan pasar.

 

  • Modal Eksternal

Modal eksternal adalah modal yang berasal dari pihak ketiga di luar perusahaan atau bisnis yang sifatnya tidak terbatas. Modal jenis ini didapatkan melalui kreditur atau pemegang saham. Kreditur dalam sebuah perusahaan umumnya berupa bank atau koperasi dikarenakan kebutuhan modal yang bernilai besar.

 

  • Modal Kerja

Modal kerja umumnya dibutuhkan untuk menyediakan dana operasional perusahaan dalam setiap kegiatan. Jenis modal ini sifatnya hanya jangka pendek dan digunakan hanya beberapa kali saja dalam aktivitas perusahaan. Setiap perusahaan biasanya membutuhkan rincian dana harian yang digunakan untuk melakukan proses produksi. Dana harian inilah yang disebut sebagai modal kerja.

 

  • Modal Tetap

Berbeda dengan modal kerja, modal tetap adalah modal yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang untuk setiap aktivitas dan operasional perusahaan. Modal tetap harus dirancang dengan baik sesuai kebutuhan perusahaan. Hal ini untuk menghindari transaksi atas kebutuhan yang tidak diperlukan. Sebagai contoh, modal tetap dapat berupa gedung, tanah, kendaraan, peralatan kerja, mesin, dan lain-lain.

 

  • Modal Aktif dan Pasif

Modal aktif adalah jenis modal yang dapat dilihat serta memiliki wujud dan bentuk. Contoh modal aktif perusahaan ialah gedung, bahan baku, alat kerja, dan lain-lain. Sebaliknya, modal pasif adalah jenis modal yang tidak dapat disaksikan oleh kasat mata keberadaannya namun memiliki peran penting dalam perusahaan. Contohnya berupa keahlian yang dimiliki, nama baik perusahaan, relasi, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: AWAS! Inilah Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2024

 

Sumber Modal Usaha untuk Memajukan Bisnis

 

Memiliki modal yang cukup merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis. Dengan beragam sumber pendanaan yang ada, pengusaha dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bisnis mereka.

 

  • Modal Ventura (Venture Capital)

Modal ventura adalah bentuk pendanaan di mana investor (biasanya perusahaan atau individu kaya) menyediakan dana untuk bisnis dengan pertukaran saham atau kepemilikan. 

 

Modal ventura cocok untuk bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi dan skala besar. Sebelum mencari modal ventura, pengusaha harus memastikan bisnisnya memiliki pertumbuhan yang solid dan dapat memberikan nilai tambah bagi investor.

 

Baca Juga: Apa itu Modal Ventura? Simak Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Perusahaannya

 

  • Pinjaman Online

Pinjaman online adalah alternatif bagi pengusaha yang membutuhkan dana dengan cepat dan mudah. Banyak platform pinjaman online yang dapat diakses dengan mudah dan memberikan persetujuan dalam waktu singkat. 

 

Namun, pengusaha harus berhati-hati dalam memilih platform yang terpercaya dan memahami dengan jelas syarat dan bunga pinjaman yang berlaku.

 

Baca Juga: AWAS! Inilah Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2024

 

  • Pinjaman Saudara atau Teman

Mendapatkan pinjaman dari saudara atau teman adalah pilihan yang umum di kalangan pengusaha. Meskipun terlihat mudah dan tanpa formalitas yang rumit, pengusaha harus tetap berhati-hati dalam mengatur kesepakatan dengan baik. Hal ini untuk menghindari masalah di kemudian hari dan menjaga hubungan baik dengan saudara atau teman yang memberikan pinjaman.

 

  • Pinjaman Bank

Pinjaman dari bank merupakan sumber modal tradisional yang banyak dipilih oleh pengusaha. Prosesnya memang lebih rumit dan formal dibandingkan dengan pinjaman online, tetapi bank biasanya menawarkan suku bunga yang lebih kompetitif. Pengusaha perlu menyusun rencana bisnis yang solid dan memiliki jaminan yang cukup untuk mendapatkan persetujuan pinjaman dari bank.

 

  • Bantuan Pemerintah

Banyak pemerintah daerah atau pusat menawarkan program bantuan untuk mendukung perkembangan bisnis, terutama bisnis kecil dan menengah. Program bantuan ini bisa berupa bantuan dana, pelatihan, atau dukungan lainnya. Pengusaha harus aktif mencari informasi tentang program bantuan yang tersedia dan memastikan mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

 

  • Crowdfunding

Crowdfunding adalah metode pendanaan di mana sejumlah kecil dana dikumpulkan dari banyak orang melalui platform online. Di Indonesia, crowdfunding semakin populer sebagai cara untuk mendapatkan modal usaha. 

 

Pengusaha dapat membuat kampanye kreatif dan meyakinkan potensial investor untuk berkontribusi dalam jumlah yang bervariasi. Dalam crowdfunding, pitch yang menarik dan ide bisnis yang unik sangat penting untuk berhasil mencapai target pendanaan.

 

Salah satu platform crowdfunding yang kini semakin diminati masyarakat adalah Bizhare. Para pengusaha bisa mengajukan pendanaan bisnis-bisnis mereka secara mudah dan transparan. Untuk informasi selengkapnya, cek artikel di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

61 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
13 Suka