30 March 2023
3 menit baca

7 Cara Jualan Online agar Cepat Laku Tiap Hari

3 menit baca

 

Di era digital seperti sekarang, jualan online menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis. Dengan menggunakan internet, Anda bisa menjangkau konsumen dari berbagai daerah dengan mudah dan cepat. Namun, untuk bisa sukses dalam jualan online, ada beberapa tips dan trik yang harus Anda ketahui.

 

  1.  Kenali Produk yang Dijual

 

Sebelum menerapkan strategi penjualan online, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu nilai produk yang ditawarkan atau unique selling point. Tujuannya agar produk yang hendak dipasarkan lebih mudah diingat, mudah berkesan, dan mampu mendorong calon pembeli untuk menggunakan produk tersebut.

 

Ada banyak angle yang bisa dieksplor, mulai dari segi harga, kualitas, kemudahan dalam proses penggunaan, atau bahkan dari segi kelangkaan barang. Dengan menguasai poin ini, produk Anda berpeluang untuk sukses di pasaran.

 

Baca Juga: 5 Cara yang bisa anda Lakukan untuk Menjadi lebih Produktif saat Bekerja

 

  1.  Buat Strategi Penjualan yang Jelas

 

Cara jualan online agar cepat laku selanjutnya adalah menentukan tentukan target pasar yang jelas. Harapannya, produk dapat segera menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Misalnya, jika target pasar adalah remaja, maka pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan remaja.

 

Ada juga harus memikirkan harga yang dipatok dan rencana promosi yang efektif. Jika dua-duanya berhasil disusun dengan baik dan efektif, Anda bisa menjangkau target pasar dengan tepat. Calon pembeli pun bisa mendapatkan produk Anda dengan harga terjangkau.

 

  1.  Gunakan Platform Jualan Online yang Tepat

 

Setelah melakukan analisis dan penyusunan strategi terhadap produk terkait, Anda perlu memilih platform jualan online yang tepat. Ada banyak platform jualan online yang tersedia di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain. 

 

Pastikan Anda memilih platform yang sesuai dengan produk dan target pasar yang sudah ditetapkan. Sebagai informasi, demografi pengguna aplikasi e-commerce berbeda-beda. Hal ini yang harus Anda dalami sebelum terjun ke platform tersebut.

 

  1.  Bangun Hubungan Baik dengan Konsumen

 

Membangun hubungan yang baik dengan konsumen adalah hal yang penting dalam jualan online. Pastikan bahwa mereka merasa nyaman berbelanja di toko online Anda. Selain itu, berikan pelayanan yang cepat dan responsif. Jawab pertanyaan konsumen dengan cepat dan jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama.

 

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah memberikan informasi yang jelas dan lengkap mengenai produk, mulai dari cara penggunaan, bahan yang dipakai, ukuran, dan sebagainya. Terakhir, pastikan konsumen terlayani dengan baik, bahkan jika konsumen terpaksa melakukan return produk karena satu dan lain hal.

 

Baca Juga: 10 Cara Menarik dan Meyakinkan Investor, Langsung Dapat Modal!

 

  1.  Buat Tampilan dan Deskripsi Produk Sebaik Mungkin

 

Foto dan deskripsi produk menjadi salah satu faktor krusial yang membuatnya laris. Maka dari itu, tampilkan produk dengan foto yang menarik dan jelas. Dengan demikian, pembeli dapat melihat produk secara detail. Ingat, foto tersebut bakal ditampilkan di media sosial atau situs e-commerce, jadi tampilkan yang terbaik.

 

Selain itu, sebuah produk yang bagus wajib memiliki deskripsi yang jelas. Tulisan yang tercantum harus menampilkan informasi sesuai 5W+1H. Itu sebabnya, jangan lupa untuk menuliskan deskripsi produk yang lengkap dan jelas. Tujuannya agar pembeli makin tertarik dengan produk Anda.

 

  1.  Tawarkan Promo dan Diskon Menarik

 

Promo dan diskon adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan Anda. Berikan diskon pada produk tertentu atau berikan promo spesial untuk konsumen yang membeli produk dalam jumlah besar. 

 

Namun, pastikan diskon atau promo yang Anda tawarkan masih menguntungkan bisnis. Lakukan perhitungan yang matang. Jangan sampai karena salah analisis, diskon atau promo yang berlaku malah membuat bisnis Anda mengalami kerugian.

 

  1.  Gunakan Strategi Optimasi SEO

 

Optimasi SEO adalah strategi penting untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di Search Engine Results Page (SERP). Pastikan Anda melakukan strategi ini pada produk agar mudah ditemukan oleh konsumen. 

 

Nantinya, pilih keywords yang tepat untuk produk Anda, lalu sebar di deskripsi produk, judul, hingga tag produk. Jangan lupa, pastikan deskripsi produk informatif dan lengkap. Selain itu, gunakan gambar produk yang berkualitas dan relevan.

 

Jualan online bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis. Namun, untuk bisa sukses, Anda perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat, membangun hubungan yang baik dengan konsumen, dan menggunakan platform jualan online yang tepat. 

 

Semoga dengan mengikuti tips dan trik cara jualan online agar cepat laku dalam artikel ini, Teman Bizharian bisa meningkatkan penjualan bisnis dan membuat produk cepat laku di pasaran online. Selamat mencoba dan semoga sukses!

847 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
204 Suka