Makanan & Minuman

Kopi Oey Pekanbaru

saham

Pekanbaru

Rp 591.646.000 dari target Rp 591.646.000
saham terpenuhi
366 Investor Selesai
PT Medan Berkah Sesami kode efek: MMBS

Gabung Channel Telegram Bizhare untuk mendapatkan info terkini

Kopi menjadi minuman yang selalu memiliki daya tarik untuk dicicipi oleh penikmatnya di berbagai tempat, acara, bahkan dari semua kalangan. Dahulu kopi merupakan minuman yang hanya digemari para orang tua, tetapi saat ini kopi juga digemari oleh kaum muda. Menjamurnya kedai kopi di berbagai kota di Indonesia, tetapi hanya beberapa yang masih eksis, berkembang dan digemari hingga saat ini. Keunggulan maupun kulaitas kopi yang dimilki berbagai kedai kopi pun menjadi perhatian para penikmatnya, bahkan kopi saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup terutama bagi kaum muda, kurang lengkap rasanya ketika berkumpul bersama teman-teman maupun keluarga tanpa adanya minuman pelengkap yaitu kopi.

Salah satu kedai kopi yang masih eksis, semakin berkembang dan selalu dikunjungi para penikmatnya yaitu Kopitiam Oey. Selain terdapat menu dari berbagai jenis kopi atau varian, terdapat juga berbagai menu makanan yang bisa dinikmati oleh para penggunjung Kopitiam Oey, para penggunjungpun akan semakin nyaman ketika berada di Kopitiam Oey dengan banyakan berbagai menu kopi dan makanan. Kopitiam Oey juga sangat memperhatikan kualitas makanan yang mereka sajikan.

Kopitiam Oey didirikan oleh Bondan Winarno, yang biasa dikenal dengan panggilan Bondan Maknyus. Beliau dikenal oleh masyarakat Indonesia karena kecintaannya terhadap dunia kuliner dan juga menjadi sosok pengusaha kuliner yang sukses, tidak salah beliaupun kerap di sebut sebagai Pakar Kuliner di Indonesia.

Kopitiam adalah brand generic/nama umum, berasal dari kata kafe tien dalam dialek Hokkien yang berarti “warung kopi”. Kopitiam Oey pertama kali dibuka di Jl. Haji Agus Salim 18 (d/h Laan Holle 18), Jakarta Pusat pada tahun 2009. Nama Kopitiam ternyata sudah menjadi merek yang dipatenkan oleh salah satu perusahaan dalam negeri dan mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM RI. Dengan alasan pertimbangan hukum serta kemungkinan somasi dari pemilik hak paten, diputuskan untuk mengganti nama menjadi “Kopi Oey” (berasal dari plesetan nama “Oey Boen Than alias Bondan Oeynarno alias Bondan Winarno”), Penggantian dimaksudkan agar dapat lebih fokus kepada pelayanan dan pengembangan usaha termasuk seluruh cabang yang merupakan bagian di dalamnya.

Profil Pengelola

Kopi Oey saat ini dikelola oleh Bapak Wasis Gunarto, SE, MM. Beliau Lahir pada 26 Maret 1974 dan Menempuh pendidikan S1 Jurusan Akuntansi di STIE Widya Wiwaha di Jogjakarta dan S2 Jurusan Riset Pemasaran di Universitas Indonesia.

Beliau memiliki banyak pengalaman seperti, menjadi :

  • Co-Founder Roaster.hub, Jalansutera Community
  • Komisaris dan direktur utama PT. Olah Epicurina Yasa dan PT.Kopitiam Oey Indonesia (keduanya hingga saat ini)
  • Market Researcher PT. Pasific Rekanprima
  • Business Development PT. Paperlin Mitra Transportasi
  • Researcher & Content Analyst Institue Marketing & Education (IMeDe)
  • Asisten dosen Statistik untuk S2 di Universitas Tarumangara

Kegiatan Operasional

Kopi Oey Pekanbaru melakukan kegiatan operasional menerapkan penjualan offline maupun online. Kopi Oey Pekanbaru terus melakukan inovasi-inovasi untuk bisa meningkatkan pendapatan. Adapun strategi penjualan kopi Oey dengan cara: 

  • Strategi marketing membuat promo menu paket makan dan minum Rp 30.000,- (paket BBM).
  • Memberikan komplimen Milo Dinosaurus kepada setiap customer yang berulang tahun atau penerima arisan dari grup arisan, agar menjadi daya tarik bagi tamu grup.
  • Membuat promo dadakan - apabila dari pagi hingga siang customer sedikit maka akan membuat berbagai promo di hari tersebut juga yang berlaku dari siang sampai malam. Promo tersebut akan disebarluaskan melalui Whatsapp blast kepada customer.
  • Memasang spanduk promo di pinggir jalan raya depan outlet agar promo tampak oleh orang-orang yang lewat di depan outlet.
  • Bekerjasama dengan platform online seperti Grabfood, Gofood, Shopee Food dan lainnya.

Strategi Pengembangan Bisnis

Kopi Oey pekanbaru sendiri dalam mengembangkan bisnis telah merencanakan strategi- strategi untuk meningkatkan omset, Kopi Oey Pekanbaru berencana mengadakan beberapa promosi marketing baik online maupun offline dan ada yang sudah terlaksana di antaranya:

  • Selalu berinovasi membuat menu baru agar bisa lebih variatif untuk customer;
  • Membuat Event Live Music;
  • Memberikan potongan discount setiap bulannya kepada customer;
  • Memberikan discount makanan dan minuman setiap pembelian di platform online seperti grabfood dan gofood.
  • Mengikuti event pameran makanan salah satunya event Flei 2022.